Amar Bank Dapat 2 Penghargaan Asia Pacific Enterprise Awards 2021

JAKARTA - PT Amar Bank Indonesia Tbk (Amar Bank), sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital yang fokus pada pengembangan digital bank di Indonesia, mengumumkan pencapaian terbarunya di ajang bergengsi Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2021.

Amar Bank menerima Corporate Excellence Award untuk kategori Financial Services Industry. Selain itu, Vishal Tulsian selaku Presiden Direktur Amar Bank juga menerima Master Entrepreneur Award.

Di bawah kepemimpinan Vishal, Amar Bank berhasil mengembangkan jumlah karyawannya dari hanya 17 orang pada tahun 2014 menjadi sekitar 1.100 orang pada tahun 2021, meningkatkan pendapatan bunga yang tumbuh sebesar 86,8 persen CAGR dari Rp15 miliar menjadi Rp650 miliar dalam kurun waktu enam tahun, serta meraih total 22 penghargaan sejak tahun 2017.

Vishal juga memimpin pencapaian modal inti Amar Bank yang mencapai lebih dari Rp1 triliun per Juni 2019 dan naik kelas menjadi bank BUKU II. Amar Bank mencapai tingkat profitabilitas yang sangat baik hanya dalam kurun waktu dua tahun beroperasi.

Hingga tahun 2020, lebih dari Rp5 triliun pinjaman telah disalurkan kepada lebih dari 400.000 nasabah (100.000 di antaranya adalah UMKM) melalui Tunaiku yang merupakan aplikasi pinjaman digital milik Amar Bank.

Berkat Vishal pula, Amar Bank berhasil melakukan IPO pada bulan Januari 2020 dan melantai di Bursa Efek Indonesia dengan kode AMAR), melepas 1,2 miliar saham. Vishal juga mendorong peluncuran Senyumku, bank digital yang berbasis cloud pertama di Indonesia melalui kolaborasi dengan Google.

Senyumku yang didukung oleh teknologi AI dan data analytics ini bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mengembangkan kebiasaan menabung dan menjaga kesehatan finansial.

"Penghargaan ini, yang merupakan cerminan dari komitmen kami untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia dan merevolusi pengalaman perbankan. Kami memulai perjalanan kami pada tahun 2014 dengan keyakinan bahwa teknologi harus mampu meningkatkan kehidupan masyarakat dan kami juga membangun model bisnis baru," ujar Vishal dalam keterangan tertulisnya, Rabu 7 Juli.

"Penghargaan ini membuktikan bahwa membangun model bisnis yang sukses serta memberikan dampak sosial yang positif adalah sesuatu yang dapat dilakukan. Saya paham betul bahwa penghargaan ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Namun, perlu diingat bahwa hal ini bukanlah pekerjaan satu orang saja, melainkan pekerjaan seluruh tim," imbuhnya.

Ke depannya, kata Vishal, Amar Bank akan terus bergerak dan bertumbuh dalam menciptakan inovasi untuk meningkatkan akses dan literasi keuangan seluruh masyarakat Indonesia, Hal ini sejalan dengan visi kami untuk membuat 200 juta orang Indonesia tersenyum pada tahun 2025.

Di tengah penurunan ekonomi nasional akibat pandemi COVID19, Amar Bank tetap menunjukkan komitmennya dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat yang kurang terlayani (underserved) dan yang tidak memiliki rekening (unbanked).

Dengan teknologi AI yang unik, digital bank (Senyumku) dan pinjaman digital (Tunaiku) yang cerdas, Amar Bank berhasil menyederhanakan proses birokrasi perbankan guna menghadirkan layanan finansial yang lebih mudah dan nyaman bagi nasabah.

Dengan Tunaiku, lebih dari 400.000 nasabah dan pelaku UKM di seluruh Indonesia telah merasakan manfaat layanan keuangan. Melalui Tunaiku pula, Amar Bank telah menyalurkan lebih dari Rp5 triliun pinjaman kepada nasabah dengan tiga tujuan penggunaan utama, yaitu renovasi rumah, modal usaha, atau pendidikan (semua ini dikategorikan sebagai pinjaman produktif).