Bukan Layar Lipat, Smartphone Terbaru LG Justru Bisa Diputar

JAKARTA - Ponsel baru LG kembali mencuat ke publik, tetapi kali ini bukan dengan layar yang biasa ditemukan di pasaran smartphone. LG dikabarkan tengah membuat perangkat tersebut dengan layar ganda yang bisa diputar.

Sebenarnya, ini bukan ponsel putar pertama yang dirilis pabrikan asal Korea tersebut. Lebih dari satu dekade yang lalu ia telah merilis beberapa ponsel menggunakan form-factor ini, termasuk LB1500 dan LU1400.

Dikutip The Verge, Selasa 12 Mei, ponsel baru LG ini dijuluki "Wing". Sebuah ponsel high-end premium yang bakal ditenagai chipset Snapdragon seri 7.

Bocoran desain smartphone LG (dok. GSM Arena)

Nantinya, ponsel ini akan memiliki layar utama 6,8 inci yang dibuat terpisah dengan bodinya. Di mana layar utama ponsel ini akan berputar secara horizontal dan membentuk huruf "T".

Bagian ponsel yang terbuka juga dilengkapi layar sekunder berukuran 4 inci dengan rasio aspek 1:1. Fungsi panel layar kedua ini akan menggantikan tampilan keyboard.

Sesuai laporan, layar sekunder tersebut difokuskan untuk memberikan pengalaman multi-tasking yang hebat dan peningkatan perendaman konten. Misalnya, ketika pengguna menjalankan aplikasi foto, mereka akan dapat melihat pratinjau foto di layar utama dan mengakses semua fitur pengeditan di layar sekunder.

Diketahui, ponsel dengan layar yang berputar sebenarnya adalah sesuatu dari masa lalu. Kemungkinan, LG terinspirasi dari ponsel Samsung SGH-Z130 dengan desain yang aneh tentunya.

Selain membawa layar yang berputar dan chipset seri Snapdragon 7, LG Wing diperkirakan akan memiliki dukungan konektivitas jaringan 5G dan kamera utama 64MP. Namun, belum ada kabar apakah ponsel ini akan memiliki tiga kamera seperti LG Velvet atau pengaturan quad-camera yang lebih mengesankan.

Ponsel ini diperkirakan akan diluncurkan sekitar semester kedua tahun ini. Tak sedikit yang berspekulasi menyoal harga, disebut-sebut LG Wing ini akan dibanderol sekira 1 juta won atau setara Rp12 jutaan.