Lindungi Privasi, Begini Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Tempat atau WC Umum

JAKARTA - Privasi adalah sesuatu yang penting bagi manusia. Namun, berkat perkembangan teknologi, privasi kita terancam. Baik oleh platform teknologi, maupun pihak yang usil dan memiliki niat jahat. Untuk yang kedua, contoh paling nyata adalah keberadaan kamera tersembunyi di ruang publik.

Di Indonesia, hal tersebut sudah tidak asing lagi. Anda tentu masih ingat kasus viral bulan lalu, di mana seorang pengunjung hotel menemukan adanya kamera tersembunyi di kamar. Melihat hal tersebut, pengunjung itu merekam dan membagikan videonya lewat TikTok.

Tanpa butuh waktu lama, video tersebut viral. Warganet geram terhadap ulah oknum yang memasang kamera pengintai pada kamar pengunjung.

Memang, kasus tersebut sudah mendapatkan titik terang. Tapi, bukan berarti membuat Anda menurunkan kewaspadaan. Oleh karena itu, penting kiranya untuk mengetahui bagaimana cara mendeteksi kamera tersembunyi.

Kamera Tersembunyi

Bagaimanapun, menyimpan kamera pengintai pada ruang publik adalah tindakan ilegal. Namun, di mana pun tempatnya, biasanya menyimpan kamera pengintai di lokasi-lokasi tertentu saja. Contohnya seperti jam dinding, flashdisk, power bank, pena, bingkai lukisan atau foto, kaca, hingga dekorasi ruangan.

Oleh karena itu, jika Anda berencana menginap di satu tempat, tak ada salahnya mengecek tempat-tempat tersebut. Dan agar lebih tenang, Anda bisa jalankan cara mendeteksi kamera tersembunyi di bawah ini.

Inspeksi Langsung

Sebelum mulai beraktivitas pada tempat yang baru dikunjungi, biasanya untuk mengecek kondisi ruangan tersebut. Seperti disinggung di atas, Anda bisa mengecek lokasi yang biasanya dijadikan penyimpanan kamera pengintai.

Di samping itu, pastikan juga semua peralatan di dalam ruangan berfungsi sebagaimana mestinya. Misal, jangan sampai ada lampu yang mati, TV ternyata tidak menyala, dan masih banyak lagi.

Gunakan Alat Detektor Gelombang Radio

Jika Anda sering bepergian ke luar kota dan menginap di hotel, tak ada salahnya untuk membeli alat pendeteksi gelombang radio. Harganya terjangkau dan mudah dicari lewat toko online.

Seperti namanya, alat ini mampu mendeteksi keberadaan gelombang radio yang biasanya dipancarkan oleh alat pengintai. Soalnya, setiap alat pengintai bakal memancarkan gelombang berisi data yang dikirimkan ke perangkat lain.

Detektor Lensa Kamera

Ada beberapa jenis kamera pengintai yang tidak mengirimkan gelombang radio. Biasanya, jenis kamera ini membutuhkan kartu SD sebagai lokasi penyimpanan data. Untuk jenis kamera itu, ada alat tersendiri yang bisa Anda gunakan.

Ya, Anda bisa membeli detektor lensa kamera. Anda bisa menemukannya lewat berbagai toko online. Dan seperti namanya, alat ini mampu menemukan kamera tersembunyi dengan cara mencari area yang memantulkan cahaya.

Itulah beberapa cara mendeteksi kamera tersembunyi yang bisa Anda lakukan sendiri. Jadi, tak perlu lagi khawatir diintai saat berada di lokasi baru dan tidak dikenal, ya.