Seperti Inilah Wujud Toyota Hilux Rangga Ikuti Kompetisi Balap di Sirkuit

JAKARTA - Toyota Hilux Rangga telah diperkenalkan di beberapa pasar sebagai kendaraan komersial terbaru dari Toyota. Pikap ini dirancang untuk berbagai kebutuhan baik itu dalam segi bisnis maupun keseharian.

Karena memiliki fleksibilitas dalam berbagai kebutuhan, mobil pikap tersebut rupanya bisa dirancang sebagai mobil balap untuk kebut-kebutan di dalam trek. Ini dibuktikan ketika Hilux Rangga diikutkan dalam ajang Thailand Super Pickup oleh Toyota Gazoo Racing Team Thailand.

Melansir dari Paultan, Selasa, 5 November, mobil yang dinamakan Hilux Champ di pasar negeri gajah putih ini terlihat melaju cepat di sirkuit Buriram, Thailand dan dimasukkan ke dalam kategori Class A. Mobil ini diadu di lintasan dengan beberapa kompetitornya seperti Isuzu D-Max, Mitsubishi Triton, dan Ford Ranger.

Tentu mobil ini mendapatkan sejumlah peningkatan seperti penambahan perangkat aerodinamika untuk mengoptimalkan performanya di atas trek.

Pikap tersebut dilengkapi dengan flare fender yang dibaut, demi menyembunyikan peningkatan lebar pelek dan ban Hankook yang lebih gemuk. Kemudian, terdapat splitter depan kecil dan sayap belakang yang mengurangi gaya angkat.

Selain itu, Toyota Gazoo Racing Team Thailand juga menambahkan grill depan dengan membuka bumper depan agar aliran udara lebih banyak masuk ke mesin dan intercooler.

Berbicara soal performanya, mobil pikap balap ini menggunakan mesin diesel sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Artinya, Hilux Champ tersebut memiliki turbodiesel 4-silinder 2GD-FTV 2,4 liter dengan tenaga yang ditingkatkan.

Sayangnya, tim tidak menyebutkan angka pastinya namun mobil produksinya memiliki tenaga mencapai 150 ps dan torsi hingga 400 Nm.

Meskipun memiliki beberapa hal ciamik, mobil tersebut kurang bernasib baik tahun ini. Selama tiga putaran dengan masing-masing dua balapan, tim belum mencetak satu poin pun dan kini Hilux Champ tertinggal dari beberapa rivalnya di kompetisi tersebut.