Transformasi Digital Bank Kalteng di HUT ke-63, Lebih dari Sekadar Logo Baru
JAKARTA - Sebuah perjalanan panjang sudah dilalui Bank Kalteng. Menandai HUT ke-63 diperkenalkan logo baru dengan makna yang mendalam dan jangkauan jauh ke depan.
Bank Kalteng kini menginjak usia 63 tahun, usia yang cukup panjang bagi sebuah bisnis untuk dapat tetap eksis, bahkan terus bertumbuh tahun demi tahun. Pertumbuhan ini ditandai dengan meluasnya jangkauan layanan Bank Kalteng yang tersebar di 14 Kabupaten/ Kota se- Kalimantan Tengah dengan total 108 jaringan kantor dan sebaran terminal perbankan elektronik (ATM/CDM/CRM) sebanyak 254 unit di seluruh Kalimantan Tengah sehingga total keseluruhan jaringan adalah 361 jaringan (per September 2024).
Tren kinerja positif juga tercermin dari kinerja keuangan Bank Kalteng yang bertumbuh sejak tahun 2023 sampai dengan bulan September 2024. Secara year on year (yoy) total Aset Bank Kalteng bertumbuh 25,92% atau sebesar Rp18.5 T dan telah mencapai 108,18% dari target, penyaluran kredit tumbuh sebesar 12,19% dibanding tahun 2023 atau tersalur sebesar Rp10,4 T, dengan persentase Kredit Modal Kerja yang lebih tinggi 18,58% dibanding tahun sebelumnya, serta Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 23,22% dari tahun sebelumnya atau sebesar Rp13,3 T lebih tinggi 13,7% dari target.
Perayaan ulang tahun Bank Kalteng tahun ini tidak hanya menjadi ajang refleksi sebuah perjalanan panjang dalam membangun ekonomi daerah sejak tahun 1961, karena dengan mengangkat tema ”Go Digital Service Transformation” perayaan tahun ini menjadi langkah besar menuju masa depan yang mengarah ke transformasi produk dan layanan digital, hingga pengenalan awal untuk identitas perusahaan yang baru.
BACA JUGA:
Logo Baru
Bank Kalteng melakukan launching logo baru pada Malam Puncak perayaan HUT ke-63 Bank Kalteng di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya pada hari Selasa 29 Oktober, prosesi dilakukan secara langsung oleh Muhamad Katma F Dirun selaku Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, komisaris dan direksi PT Bank Kalteng serta pengurus lainya. Adapun launching logo baru ini ditujukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas, logo baru Bank Kalteng yang akan efektif pada tahun 2025.
Plt. Direktur Utama Bank Kalteng, Maslipansyah, mengungkapkan bahwa perubahan ini bukan sekadar visual semata, tetapi sebuah langkah nyata untuk menghadirkan layanan perbankan yang lebih canggih dan relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. “Logo ini mencerminkan karakter, kemampuan, dan harapan kami untuk terus berinovasi. Bank Kalteng ingin terus berperan sebagai motor penggerak perekonomian daerah sekaligus merangkul teknologi digital dalam setiap aspek layanannya,” ujar nya
Logo baru ini menyimpan filosofi mendalam, terinspirasi dari Burung Tingang, ikon khas Kalimantan. Burung ini bukan hanya melambangkan kepemimpinan dan kewibawaan, tetapi juga menyiratkan kesetiaan, keindahan, serta kesejahteraan bagi daerah dan masyarakatnya. Adapun elemen warna yang menjadi identitas baru Bank Kalteng mencerminkan ketegasan (hitam), keberanian (merah), harapan (hijau), energi positif (kuning), kedamaian (ungu), Melalui filosofi ini, Bank Kalteng bertekad untuk menghadirkan layanan yang penuh ketegasan dan keberanian dalam mengambil langkah maju, energi positif dalam perubahan, dan harapan, kedamaian, serta kebijaksanaan untuk masa depan yang lebih cerah.
”Pesan utama dari perkenalan logo baru ini tentunya juga untuk memberikan pernyataan kepada publik bahwa Bank Kalteng itu berubah. Budaya kerja kita akan berubah menjadi lebih baik, lincah, produktif dan tentunya adaptif. Dengan logo yang baru dan terlihat lebih dinamis ini, proses bisnis seperti kredit dan berbagai layanan jasa kita juga akan lebih baik, menunjukkan bahwa kita adalah orang-orang yang militan,” ulas Maslipansyah.