Kenali Ciri-Ciri Alergi Sunscreen pada Wajah, Jangan Pakai Produk Sembarangan!

YOGYAKARTA - Sunscreen atau tabir surya diandalkan sebagai produk perawatan kulit untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Meskipun memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, sayangnya tidak sedikit orang yang mengalami alergi dari penggunaan sunscreen. Lantas seperti apa ciri-ciri alergi sunscreen?

Penggunaan sunscreen sangat disarankan bagi orang-orang yang kerap beraktivitas di luar karena memberikan perlindungan dari sinar UV yang merusak kulit. Namun sebagian orang justru menghindari pemakaian sunscreen tertentu karena menimbulkan alergi pada kulitnya. Gejala alergi ini ditimbulkan karena bahan kimia yang terdapat pada produk sunscreen. 

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk sunscreen. Kenali ciri-ciri alergi sunscreen supaya tahu apakah sunscreen yang digunakan cocok untuk jenis kulit Anda. 

Ciri-Ciri Alergi Sunscreen

Alergi sunscreen adalah reaksi negatif dari kulit yang terjadi saat terpapar bahan aktif atau bahan tambahan dalam produk sunscreen. Biasanya, reaksi ini terjadi ketika kulit bersentuhan langsung dengan sunscreen. Meskipun demikian, beberapa kasus reaksi alergi sunscreen juga bisa muncul setelah paparan sinar matahari. 

Jenis alergi yang umum terjadi antara lain allergic contact dermatitis ( akibat kontak dengan zat pemicu) dan photoallergic contact dermatitis (dipicu oleh paparan sinar matahari setelah kontak dengan zat tertentu). Berikut adalah ciri-ciri alergi sunscreen yang perlu Anda waspadai:

Kemerahan pada Kulit

Salah satu tanda alergi sunscreen yang paling umum adalah munculnya kemerahan pada kulit. Bagian tubuh yang terkena alergi biasanya akan tampak kemerahan dan meradang, terutama di area yang diaplikasikan sunscreen. Kemerahan ini bisa muncul dalam hitungan menit hingga beberapa jam setelah pemakaian.

Gatal dan Rasa Perih

Alergi sunscreen sering kali disertai rasa gatal atau perih pada kulit. Gatal yang muncul bisa terasa ringan hingga sangat intens, sehingga membuat seseorang merasa tidak nyaman. Jika merasakan gatal berlebihan atau rasa terbakar setelah pakai sunscreen, kemungkinan kulit Anda bereaksi terhadap bahan tertentu dalam produk tersebut.

Kulit Kering dan Mengelupas

Alergi sunscreen juga bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan mengelupas. Gejala ini sering kali terjadi jika alergi berlangsung lebih dari satu hari atau jika kulit terkena sinar matahari setelah memakai sunscreen. Kulit yang mengelupas bisa menjadi tanda bahwa kulit Anda bereaksi negatif terhadap bahan tertentu dalam sunscreen.

Munculnya Bentol atau Ruam

Pada beberapa kasus, alergi sunscreen juga bisa menyebabkan munculnya bentol-bentol atau ruam pada kulit. Bentol ini bisa kecil-kecil seperti biang keringat atau berukuran lebih besar, tergantung pada seberapa kuat reaksi alergi yang dialami. Gejala tersebut biasanya muncul pada area wajah, leher, atau tangan, yang paling sering terolesi sunscreen.

Pembengkakan

Pada alergi yang lebih parah, kulit bisa mengalami pembengkakan, terutama di area wajah seperti kelopak mata, pipi, atau bibir. Pembengkakan ini biasanya disertai dengan rasa nyeri dan ketidaknyamanan. Jika pembengkakan terjadi, sebaiknya hentikan pemakaian sunscreen dan segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kulit Terasa Panas atau Terbakar

Beberapa orang juga mengeluhkan kulit mereka terasa panas atau terbakar setelah memakai sunscreen, terutama jika terkena sinar matahari. Sensasi panas ini mirip dengan efek sunburn tetapi bukan disebabkan oleh paparan sinar UV, melainkan oleh reaksi alergi terhadap sunscreen.

Demikianlah ciri-ciri alergi sunscreen yang perlu diketahui sebagai upaya melakukan perawatan kulit secara tepat. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih produk sunscreen yang cocok sesuai dengan jenis kulit Anda. Baca juga pilihan produk sunscreen untuk pekerja lapangan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.