4 Alasan Kenapa Cinta Pasangan Selalu Terasa Kurang

YOGYAKARTA – Kepuasaan dalam hubungan diperoleh karena cinta yang mendasari. Tetapi ketika merasa cinta pasangan tidak pernah cukup, tidak akan pernah merasa puas bahkan merasa putus asa, ditolak, bahkan tidak cukup baik. Alasan kenapa cinta pasangan selalu terasa kurang, pertama karena kita tidak cukup mencintai diri sendiri. Selanjutnya, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mencoba menemukan cinta yang belum pernah terpenuhi

Masa lalu mempentuk persepktif dan perasaan seseorang. Termasuk ketika cinta pasangan Anda merasa kurang, bisa dipengaruhi masa lalu. Menurut penelitian dari Universitas Central Florida, pengabaian yang dialami di masa lalu dapat membuat seseorang memendam keyakinan bahwa ia tidak cukup baik sehingga berharap mendapatkan kecukupan dari pasangannya. Tetapi mendambakan cinta pasangan untuk menggenapkan cinta atas pengabaian di masa lalu, akan membuat seseorang kecewa.

2. Terlalu meromantisasi cinta

Cinta yang diromantisasi membuat seseorang terjebak mengejar perasaan cinta sehingga mengabaikan hal yang lebih riil dan esensial dari perasaan tersebut. Akhirnya membuat kita merasa cinta pasangan terasa selalu kurang. Sebab kita hanya mengejar hal-hal romantis yang berbunga-bunga.

Ilustrasi alasan kenapa cinta pasangan selalu terasa kurang (Freepik/AzurAgency)

3. Tak percaya ada yang benar-benar bisa mencintai Anda

Ketika Anda merasa tidak pantas mendapatkan cinta, Anda bisa berpikir pasangan Anda tidak mencintai Anda. Seperti penelitian yang dipimpin oleh Dr. Sang Won Lee pada tahun 2018 dilansir YourTango, menunjukkan jika seseorang mencari validasi untuk mengkonfirmasi perasaan terhadap diri sendiri, dia tidak akan pernah merasakan cinta dari pasangannya cukup.

4. Kurang mencintai diri sendiri

Seperti yang telah disinggung pada pembuka, mencintai diri sendiri penting sebelum mencintai pasangan dan menerima balasan yang seimbang. Karena tanpa mencintai diri sendiri, kita tidak akan pernah bisa mencukupi kebutuhan diri sendiri. Perlu diketahui, belajar menerima cinta untuk diri sendiri akan membuat Anda merasa cukup baik untuk seseorang yang juga cukup baik untuk Anda.

Itulah alasan kenapa cinta pasangan terasa kurang. Untuk mengatasinya, penting berefleksi diri dan bertanya kepada diri sendiri serta pasangan. Paling penting lagi, menerima diri sendiri baru membuka serta menerima cinta dari pasangan.