Jangan Anggap Sepele, 5 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Seseorang Cepat Tua

JAKARTA - Ada beberapa kebiasaan yang membuat orang terlihat lebih tua. Seperti,  merokok, alkohol, dan kurang tidur. Namun, beberapa faktor gaya hidup lain yang kurang dikenal juga dapat mempercepat proses penuaan.

Thomas Buford, PhD, seorang profesor gerontologi, geriatri, dan perawatan paliatif di University of Alabama di Birmingham mengatakan apabila ingin memperlambat laju penuaan, Anda dapat melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk meningkatkan kesehatan seiring bertambahnya usia," kata Buford.

Berikut 5 hal mengejutkan yang dapat membuat Anda lebih cepat tua, seperti dilansir dari laman Very Well Health pada Senin, 28 Oktober 2024.

1. Kesepian

Sebuah laporan menemukan kebanyakan orang berusia 65 tahun ke atas merasa kesepian. Mereka yang merasakan kesepian dapat meningkatkan risiko demensia, penyakit jantung, stroke, hingga depresi.

"Orang sering terkejut dengan bagaimana kurangnya koneksi sosial dapat secara signifikan meningkatkan risiko kematian dini seseorang," kata Sara B. Leonard, MD, FAAFP, seorang ahli geriatri dan anggota fakultas klinis di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School.

Memiliki kehidupan sosial yang aktif dan mempunyai tujuan hidup dapat membantu orang dewasa tetap sehat dan hidup lebih lama.

"Sangat penting untuk menyadari bahwa hubungan yang sehat dan jaringan dukungan sosial yang kuat penting untuk sepanjang hidup kita, tetapi terutama seiring bertambahnya usia," kata Leonard.

2. Tidak Memakai Kacamata Hitam

Jika Anda memakai sunscreen ketika pergi ke luar, itu sudah membantu untuk mencegah kulit dari efek negatif sinar matahari. Tapi apakah Anda lupa memakai kacamata hitam?

"Bagi kita yang tidak memakai kacamata hitam besar, atau tidak terbiasa menggunakan sunscreen, di situlah kita bisa mendapatkan kerusakan akibat sinar matahari dan kehilangan elastisitas," Ivy Lee, MD, seorang dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Los Angeles, CA.

Kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit umum terjadi pada kulit tipis kelopak mata bawah. Memakai kacamata hitam tidak hanya melindungi mata dan kulit dari sinar UV yang berbahaya, tetapi juga membuat Anda tidak menyipitkan mata.

Lee mengatakan orang dengan kebiasaan menyipitkan mata atau gerakan berulang dengan kelopak mata mereka lebih rentan untuk mengembangkan keriput.

3. Gaya Hidup Kurang Bergerak

Menonton TV sepanjang hari akan membuat Anda lebih cepat menua. Sebuah studi baru-baru ini mengaitkan jam menonton TV yang panjang dengan berkurangnya peluang penuaan yang sehat. Tetapi mengganti kebiasaan itu dengan aktivitas fisik sedang atau ringan dapat meningkatkan kemungkinan penuaan yang sehat.

Buford mengatakan memprioritaskan gerakan adalah kunci untuk penuaan yang sehat. Setiap jumlah aktivitas fisik akan memiliki manfaat, dan yang terbaik adalah fokus pada latihan yang dinikmati.

"Mulailah dengan apa yang dapat dilakukan dengan di mana Anda berada saat ini, dan memiliki tujuan untuk meningkatkan intensitas atau frekuensi dari waktu ke waktu, seperti yang dilakukan," tambah Buford.

Jangan mengabaikan latihan ketahanan, yang dapat membantu meremajakan kulit yang menua. Selain itu, hal ini dapat mendukung mobilitas, dan mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia. Berjalan menaiki tangga atau berlatih tai chi setiap hari dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh.

"Kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, dan kesehatan tulang semua harus bekerja sama dalam hal mencegah jatuh dan mencegah kelemahan," kata Buford.

4. Stres Kronis

Stres fisik, mental, dan emosional, termasuk keuangan, pekerjaan, diskriminasi, dan pengasuhan, dapat mempercepat penuaan.

"Beberapa orang yang berusia 65 tahun merawat orang tua dan cucu-cucunya. Mereka sering kali stres dan dapat memajukan proses penuaan biologis sampai tingkat tertentu," kata Buford.

Stres kronis menyebabkan peradangan, yang mempercepat penuaan biologis. Leonard menambahkan stres kronis dapat mempengaruhi bagian dari DNA yang disebut telomer. Hal ini mengatur proses penuaan dalam gerakan dan meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Meskipun mungkin sulit untuk menyelesaikan stres kronis, terutama dengan sumber daya yang terbatas, Anda dapat mencoba untuk fokus pada apa yang dapat diubah. Tidur setidaknya tujuh jam setiap malam, bermeditasi, membatasi konsumsi alkohol, menggerakkan tubuh, dan terhubung dengan orang yang dipercayai dapat membantu mengelola stres.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula dan Makanan Ultra-Proses

Mengonsumsi yang makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan ultra-proses dapat membuat penuaan biologis yang lebih cepat.

"Lebih banyak penelitian diperlukan untuk menjawab pertanyaan ini, tetapi saat ini diperkirakan bahwa asupan gula yang lebih tinggi memiliki efek pada gugus metil pada permukaan DNA kita yang dapat mempercepat penuaan sel," Jen Bruning, MS, MS, RDN, LDN, seorang ahli diet terdaftar yang berbasis di Chicago dan juru bicara untuk Academy of Nutrition & Dietetics, mengatakan kepada Verywell dalam email.

Hal ini dapat membahayakan kesehatan mental dan jantung, yang mengurangi rentang kesehatan seseorang. Membatasi makanan ini dan mengonsumsi berbagai buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein dapat mendukung penuaan yang sehat.