Dharma Pongrekun-Kun Wardana Kena 'Slepet' Ridwan Kamil, Diminta Baca Lagi Data Soal Jabar Termiskin

JAKARTA - Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) meminta paslon 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana untuk lebih jeli dalam membaca data. Keliru jika menyebutkan Jawa Barat menjadi provinsi termiskin usai pandemi COVID-19 melanda. 

Hal ini berlangsung dalam debat kedua Pilkada Jakarta, Minggu, 27 Oktober. Dharma Pongrekun-Kun Wardana diberi kesempatan kepada untuk bertanya ke paslon Ridwan Kamil-Suswono.

"Kang Emil, tanggapan Kang Emil dengan kondisi Jawa Barat yang saya baca secara statistik menjadi setelah pandemi COVID-19, Jawa Barat, menjadi daerah salah satu yang dianggap miskin itu yang saya baca di koran. Bagaimana tanggapan bapak dan kenapa itu sampai terjadi," tanya Dharma Pongrekun.

Kang Emil lantas menjawab bila data yang disampaikan Dharma Pongrekun keliru. Sebab Jawa Barat tak masuk provinsi termiskin di Pulau Jawa. "Mungkin provinsi lain, silakan dibaca lagi," tegas Kang Emil. 

Kang Emil menyebut, semasa memimpin Jawa Barat, desa tertinggal dan desa sangat tertinggal sebanyak 1.100. Namun dengan kerja-kerja keras selama lima tahun memimpin hal itu bisa ditekan. 

"Hasilnya dari 1100 desa tertinggal sangat tertinggal diakhir jabatan kami jumlahnya menjadi nol. Kami berhasil menolkan desa miskin desa sangat tertinggal sehingga mendapatkan penghargaan tertinggi dari kementerian desa karena inovasi-inovasi pengentasan kemiskinan," ujar Kang Emil.