Setelah Pecat Mancini, Timnas Arab Saudi Tunjuk Herve Renard Jadi Pelatih

JAKARTA - Timnas Arab Saudi resmi menunjuk pelatih baru setelah pemecatan Roberto Mancini. Herve Renard adalah sosok baru yang selanjutnya akan memimpin skuad di pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Renard resmi ditunjuk jadi pelatih Arab Saudi setelah performa Roberto Mancini dianggap tidak memuaskan di empat laga awal babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ditunjuknya Renard sebagai pengganti Mancini bukanlah tanpa sebab. Pasalnya Renard juga sempat menjabat sebagai pelatih Arab Saudi di Piala Dunia 2022.

Renard meninggalkan Arab Saudi di bulan Mei 2023. Saat itu ia memutuskan untuk jadi pelatih timnas wanita Perancis dalam menghadapi Piala Dunia Wanita 2023 dan Olimpiade 2024.

Renard mengakui bahwa ia sejatinya memang masih punya ikatan kuat dengan Arab Saudi. Ia menyebut keputusan meninggalkan Arab Saudi di tahun 2023 didasarkan karena tugas negara memanggil.

“Saya tidak punya keinginan untuk hengkang namun ketika negara mengetuk pintu dan memanggil, saya harus memberikan response,” kata Renard seperti dikutip dari laman resmi pada Minggu, 27 Oktober.

“Hubungan saya dengan Arab Saudi: penggemar, pemain, dan seluruh kenangan yang tidak bisa saya lupakan. Saya belum menyelesaikan cerita saya dengan Arab Saudi,” lanjut sang pelatih.

Di masa jabatan barunya, Renard bakal mempersiapkan tim untuk menghadapi dua laga penting di bulan November. Arab Saudi bakal menjalani laga tandang lawan Australia dan Timnas Indonesia.

Saat ini Arab Saudi duduk di peringkat ketiga dengan koleksi lima poin. Green Falcons tentu bertekad menyapu bersih kemenangan di dua laga tersebut untuk bisa mengamankan posisi di dua besar.

Namun Australia dan Timnas Indonesia tentu tidak akan tinggal diam. Socceroos juga butuh kemenangan demi menjaga peringkat kedua sedangkan Timnas Indonesia membidik kemenangan demi kembali merapatkan diri dalam persaingan memperebutkan tiket menuju Piala Dunia 2026.