Enzo Maresca Berharap Penuh kepada Reece James Pimpin Chelsea

JAKARTA - Manajer Chelsea Enzo Maresca mengatakan ruang ganti klub kekurangan pemimpin yang tepat.

Dia telah mengharapkan lebih dari kapten Reece James musim ini, tapi nyatanya hal itu belum terjadi.

James saja baru kembali dari cedera hamstring yang panjang untuk tampil sebagai starter pertamanya musim ini dalam kekalahan melawan Liverpool 1-2 akhir pekan lalu.

Penampilan itu merupakan penampilan kompetitif pertama James di bawah pelatih Maresca.

Maresca merasa selama ini belum ada yang cocok menyandang jabatan kapten.

"Ia sedang dalam perjalanan, ia melakukannya dengan baik, ia mengalami kemajuan, tetapi dari Reece, saya juga mengharapkan lebih dalam hal kepemimpinan."

"Sering kali ketika yang lain menjadi kapten, mereka berpikir karena menjadi kapten, mereka berharap Anda memberi lebih banyak."

"Bagi saya, karena Anda kapten, Anda harus memberi lebih banyak. Anda harus memberi lebih banyak daripada yang lain. Terkadang, mereka pikir ketika menjadi kapten, mereka bisa memberi lebih sedikit, tidak."

"Dia (James) salah satu kapten. Saya berharap darinya. Rekan satu timnya berharap darinya, untuk selalu memberi lebih banyak dalam hal kepemimpinan secara umum," tutur Maresca kepada ESPN.

James telah tampil 159 kali untuk Chelsea sejak lulus dari akademi klub dan melakukan debut seniornya pada 2019.

Dia diangkat menjadi kapten klub di bawah bos Chelsea sebelumnya, Mauricio Pochettino, pada Agustus 2023.

"Dia (James) adalah orang yang pendiam, tetapi bukan hanya dia. Saya pikir kami tidak memiliki pemimpin yang tepat. Kami tidak memiliki orang-orang itu."

"Mungkin Tosin (Adarabioyo) adalah salah satu dari orang-orang itu. Jadi, sisanya kami perlu membangun mereka," ujar Maresca lagi.

Chelsea telah memulai musim dengan empat kemenangan dari delapan pertandingan di Liga Inggris. Mereka akan menghadapi Newcastle United pada Minggu, 27 Oktober 2024.