Indonesia International Challenge 2024: Hanya Tunggal Putra Indonesia Tak Punya Wakil di Final

JAKARTA - Sebanyak 10 wakil Indonesia yang berjuang pada semifinal Indonesia International Challenge 2024 sudah menuntaskan pertandingan di Jatim Expo, Surabaya, Sabtu, 26 Oktober 2024. Hanya tunggal putra Indonesia yang tidak punya wakil di final turnamen tersebut.

Muhammad Reza Al Fajri sebagai satu-satunya tunggal putra Indonesia tersisa takluk di tangan pebulu tangkis Jepang, Riko Hatano, dua gim langsung, 13-21 dan 10-21.

Bergeser ke ganda putra, Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Rambitan yang juga satu-satunya di nomor ini, sukses melaju ke final.

Mereka mengalahkan ganda China Taipei, Zhi Wei He/Huang Jui Husuan, melalui pertarungan rubber game, 16-21, 21-18, dan 21-19.

Kemudian, nomor tunggal putri juga masih punya wakil. Mutiara Ayu Puspitasari juga sukses melaju ke partai puncak usai menekuk tunggal Malaysia, Karupathevan Letsanaa, dalam dua gim, 21-17 dan 21-10.

Sementara dua sektor sisanya, ganda putri dan ganda campuran, sudah pasti punya wakil di final.

Nomor ganda putri misalnya, salah satu semifinalnya menyajikan partai sesama Indonesia antara Siti Sarah Azzahra/Ania Sri Rahayu melawan Lanny Tria Maysari/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Lanny/Fadia akhirnya memenangi pertarungan itu setelah berduel dalam rubber game dengan skor 21-10, 19-21, dan 21-12.

Pada laga final, Lanny/Fadia akan beradapan dengan ganda putri China Taipei, Hsieh Pei Shan/Hung En-Tzu.

Pasangan China Taipei itu mengamankan tiket final setelah menumbangkan ganda putri Indonesia lainnya, Arlya Nabila/Az Zahra Ditya, dua gim langsung, 21-15 dan 21-13.

Terakhir, ganda campuran sudah dipastikan terjadi all Indonesian final. Pasalnya, sektor ini dikuasai Merah Putih pada semifinal.

Amri Syahnawi/Nita Violina Marwah mengalahkan kompatriotnya, Zaidan Arrafi Awal Nabawi/Jessica Maya Rismawardani, dengan skor 21-17 dan 21-19.

Amri/Nita akan berjumpa rekan senegara, Jafar Hidayatullah/Felisha Albera Nathaniel di final.

Jafar/Felisha berhasil ke partai pemungkas usai menumbangkan Bobby Setiabudi/Melati Daeva Oktavianti dalam laga rubber set, 21-15, 19-21, dan 21-13.