Begini Cara Mengatasi Koneksi Wi-Fi yang Tidak Mau Terhubung ke Komputer

JAKARTA – Koneksi Wi-Fi yang tidak bekerja merupakan masalah umum yang sering terjadi pada komputer. Banyak faktor yang membuat Wi-Fi tidak bekerja dengan baik, salah satunya perangkat yang eror.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, ada beberapa perbaikan yang bisa Anda lakukan, mulai dari memeriksa kata sandinya, memastikan perangkat dalam keadaan normal, dan lainnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi Wi-Fi bermasalah, dilansir dari How to Geek.

Periksa Jaringan Internet

Hal paling pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa apakah jaringan internet Wi-Fi hilang karena operatornya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyambungkan Wi-Fi ke perangkat lain seperti komputer atau ponsel.

Jika perangkat lain tidak memiliki masalah dengan Wi-Fi, kemungkinan perangkat yang sedang Anda gunakan memang bermasalah. Namun, jika perangkat lain juga tidak bisa mengakses internet, maka jaringannya memang bermasalah dari operator.

'Lupakan' Jaringan Wi-Fi

Koneksi Wi-Fi juga bisa bermasalah karena eror pada perangkat. Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan melupakan jaringan Wi-Fi yang sudah tersambung dan menyambungkan lagi dari awal.

Biasanya, cara ini efektif untuk dilakukan jika router telah mengubah pengaturan Wi-Fi. Tanpa mengonfigurasi perangkat dari awal, Wi-Fi tidak akan bisa tersambung atau digunakan seperti sebelumnya.

Mulai Ulang Perangkat

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah memulai ulang perangkat. Ada kemungkinan perangkat Anda memiliki beberapa bug atau masalah pada perangkat lunak sehingga Anda perlu mengistirahatkan sistemnya untuk sementara.

Setelah memulai ulang perangkat, sambungkan kembali jaringan Wi-Fi yang ingin digunakan. Jika sudah berhasil, Anda sudah bisa menggunakan perangkatnya untuk mengakses browser dan aplikasi lain yang membutuhkan jaringan.