Wamenkeu Thomas Tak Hadir di Retreat Magelang, Sri Mulyani Ungkap Alasannya

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, membagikan sejumlah momen kegiatan Retreat Menteri Kabinet Merah Putih di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah.

Dalam unggahan di Instagram pribadi miliknya @smindrawati, dikutip Sabtu, 26 Oktober 2024, tampak Sri Mulyani berfoto dengan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dan Anggito Abimanyu.

Ketiganya bahkan kompak mengenakan seragam komponen cadangan (komcad) dan kemeja berwarna putih.

"Sambil menikmati suasana Bukit Tidar Magelang - kesempatan membahas berbagai issues prioritas nasional yang menyangkut Keuangan Negara bersama Wamenkeu @suahasil dan Wamenkeu @anggitoabimanyuofficial," tulis Sri Mulyani dalam unggahannya.

Meski demikian, Wamenkeu Thomas Djiwandono tidak tampak terlihat dalam foto unggahan Bendahara Negara ini.

Menurut dia, Sri Mulyani menegaskan bahwa Tommy—panggilan akrab Wamen Thomas—memang tidak hadir dalam acara retreat di Magelang ini lantaran tengah mengikuti serangkaian acara G20.

"Wamen Tommy Djiwandono tidak mengikuti retreat karena sedang bertugas menghadiri G20 di Washington DC," ucapnya.

Adapun kegiatan retreat di Akademi Militer Magelang ini menegaskan pentingnya kebersamaan, disiplin, dan kesatuan visi di antara menteri Kabinet Merah Putih.

Dengan semangat baru ini, ada harapan anggota kabinet mampu membawa pemerintahan menuju pencapaian yang lebih solid dan efektif.

Kegiatan retreat dibuka oleh Presiden Prabowo Subianto melalui penyampaian arahan kepada peserta yang berlangsung usai kegiatan olahraga dan santap pagi pada Jumat, 25 Oktober 2024, sekitar pukul 08.00 WIB.

Presiden Prabowo menyebut kegiatan pembekalan merupakan upaya menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

Presiden Prabowo juga mengatakan kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama.

Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.