Akankah Kylian Mbappe Masuk Daftar Debut Terbaik di El Clasico?

JAKARTA - El Clasico jilid pertama musim ini akan dimulai. Real Madrid menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu pada Minggu, 27 Oktober 2024, dini hari WIB.

Kylian Mbappe yang baru pindah ke Los Blancos pada musim panas ini, tentu kemungkinan besar akan menjalani debutnya di partai panas sarat rivalitas itu.

Pemain Perancis itu beserta rekan setimnya, Endrick, dan pemain Barcelona Dani Olmo belum pernah tampil dalam pertandingan ikonik itu.

Tidak ada pertandingan domestik yang lebih penting di dunia daripada El Clasico. Pertemuan-pertemuan mereka sangat intens dan kekuatan bintang-bintangnya sering kali luar biasa.

Ketiganya dihadapkan pada ekspektasi melakukan debut mengesankan di El Clasico.

Terlepas dari apakah Mbappe, Endrick, atau Olmo dapat memenuhi harapan, ketiganya akan jadi pemain baru yang masuk daftar pemain besar dalam debut El Clasico.

Saat ini, Barcelona ada di posisi pertama klasemen La Liga 2024/2025 dengan selisih tiga poin dari Real Madrid di bawahnya.

Kedua tim baru saja menang di Liga Champions awal pekan ini. Madrid bangkit secara dramatis melawan Borussia Dortmund, sementara Barcelona menghancurkan Bayern Munchen.

Pemain Besar Debut El Clasico sejak 2000

Lamine Yamal (​​2023) - Barcelona

Statistik: 21 menit, 1 tembakan

Hasil: Kemenangan Real Madrid 2-1

Saat itu berusia 16 tahun, Yamal masuk dari bangku cadangan pada menit ke-76 dalam pertandingan yang berakhir imbang 2-1 untuk Real Madrid.

Dia menjadi pemain termuda yang pernah tampil di El Clasico. Yamal mengakui bahwa meskipun ia tidak pernah merasa gugup dalam pertandingan sebelumnya, ia merasa gugup saat melakoni debutnya.

Walaupun penampilannya di lapangan terbatas, masuknya Yamal menandakan dimulainya era baru bagi Barcelona. Setahun kemudian, ia menjadi salah satu pemain terpenting bagi tim Catalan tersebut.

Jude Bellingham (2023) - Real Madrid

Statistik: 97 menit, 2 gol, 2 tembakan

Hasil: Kemenangan Real Madrid 2-1

Setelah kepindahannya senilai 103 juta euro, gelandang Inggris ini menunjukkan kehadirannya di Real Madrid sejak awal.

Dia mencetak gol dalam empat pertandingan La Liga pertamanya. Namun, penampilannya melawan Barcelona membawanya ke level yang lebih tinggi.

Setelah Ilkay Gundogan membawa Barcelona unggul lebih dulu, Bellingham membalas dengan gol penyeimbang pada menit ke-68. Bellingham kembali mencetak gol pada menit ke-92, membawa Real Madrid meraih kemenangan dramatis.

Vinicius Junior (2019) - Real Madrid

Statistik: 95 menit, 6 tembakan

Hasil: Kemenangan Barcelona 1-0

Perekrutan Vinicius oleh Real Madrid menjadikannya pemain termahal kedua yang didatangkan dari liga Brasil.

Akan tetapi, pada musim debutnya dia hanya sembilan kali menjadi starter untuk Madrid, salah satunya terjadi di El Clasico.

Vinicius menunjukkan potensinya dengan enam tembakan, tiga lebih sedikit dari seluruh tim Barcelona. Namun, tim Catalan itu menang berkat gol babak pertama dari Ivan Rakitic.

Gareth Bale (2013) - Real Madrid

Statistik: 61 menit, 2 tembakan

Hasil: Kemenangan Barcelona 2-1

Direkrut hanya satu setengah bulan sebelum El Clasico, Bale meninggalkan Tottenham untuk Real Madrid dengan biaya transfer yang saat itu memecahkan rekor dunia, 100 juta euro.

Bale mengalami kesulitan dalam debutnya, melepaskan dua tembakan sebelum digantikan oleh Karim Benzema pada menit ke-61. Barcelona memasuki pertandingan dengan performa yang kuat dan menang 2-1.

Neymar (2013) - Barcelona

Statistik: 85 menit, 1 gol, 1 assist, 3 tembakan

Hasil: Kemenangan Barcelona 2-1

Berbicara tentang transfer mahal, kepindahan Neymar ke Barcelona pada 2013 menjadikannya transfer termahal yang pernah ada dari liga Brasil.

Lebih dari 50.000 penggemar menyambut sang bintang di Camp Nou untuk memperkenalkan bakat muda paling cemerlang di dunia.

Debut Neymar di El Clasico juga diwarnai dengan drama serupa. Ia mencetak gol pada menit ke-19, lalu memberi assist kepada Alexis Sanchez pada menit ke-78 untuk menutup penampilannya yang mengesankan.

David Villa (2010) - Barcelona

Statistik: 78 menit, 2 gol, 3 tembakan

Hasil: Kemenangan 5-0 Barcelona

Direkrut awal musim panas ini dengan harga 40 juta euro dari Valencia, Villa datang ke Barcelona dalam performa terbaiknya, setelah memenangi Piala Dunia bersama Spanyol.

Performa itu berlanjut saat ia memegang peran kunci dalam salah satu pertandingan El Clasico paling terkenal sepanjang masa.

Villa mencetak dua gol dalam tiga menit, membuat para penggemar Camp Nou menjadi heboh dan mengejutkan Madrid dalam perjalanan menuju kemenangan telak.

Zlatan Ibrahimovic (2009) - Barcelona

Statistik: 42 menit, 1 gol, 1 tembakan

Hasil: Kemenangan 1-0 Barcelona

Penyerang Swedia ini datang ke Spanyol setelah tampil dominan dengan 29 gol dan 11 assist bersama Inter Milan.

Sebanyak 60.000 penggemar menyambut Ibrahimovic di Camp Nou. Dia membuat dukungan suporter sepadan saat melawan Madrid.

Saat kedudukan imbang tanpa gol, Ibrahimovic masuk pada menit ke-51 serta mencetak gol penentu lima menit kemudian dengan tembakan pertamanya dan satu-satunya di pertandingan itu. Gol itu tercipta melalui tendangan setengah voli satu sentuhan.

Cristiano Ronaldo (2009) - Real Madrid

Statistik: 66 menit, 3 tembakan

Hasil: Kemenangan Barcelona 1-0

Ronaldo adalah pemenang Ballon d'Or saat itu dan Pemain Terbaik Dunia FIFA, yang membuatnya bisa dibilang sebagai pemain terbaik di dunia pada 2009.

Seperti yang biasa terjadi pada Real Madrid, mereka menetapkan rekor transfer dunia saat itu sebesar 80 juta pound untuk mendatangkan Ronaldo dari Manchester United.

Ia mencetak gol di masing-masing empat pertandingan La Liga pertama Madrid. Namun, dia tidak mencetak gol saat melawan Barcelona. CR7 ​​digantikan oleh Benzema pada babak kedua.

Lionel Messi (2004) - Barcelona

Statistik: 90 menit, 1 assist, 7 tembakan

Hasil: Kemenangan Barcelona 3-0

Kenaikan Messi dari akademi Barcelona ke tim utama bertepatan dengan masa keemasan pemain legendaris, seperti Ronaldinho dan Xavi, yang menjadi pemain inti dalam 11 pemain utama. Dia pun tampil apik dalam laga El Clasico pertamanya.

Pada usia 17 tahun, Messi membantu gol pertama Barca, memberikan assist buat gol Samuel Eto'o. Dia juga melepaskan tujuh tembakan dalam kemenangan yang meyakinkan.