Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono Unggul di Berbagai Survei: Peluang Satu Putaran Terbuka

JAKARTA - Berbagai lembaga survei menerbitkan elektabiltas seluruh pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jakarta. Hasilnya, Ridwan Kamil-Suswono berpeluang memenangkan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam satu putaran.

Peluang itu merujuk pada hasil survei Poltracking Indonesia yang menujukan pasangan calon nomor urut satu itu memperoleh 51,6 persen. Sementara pasangan lainnya yakni Dharma Pongrekun-Kun Wardana memperoleh 3,9 persen dan Pramono Anung-Rano Karno 36,4 persen.

Kemudian, hasil survei dari Katadata Insight Center (KIC) yang dilakukan 4-9 September 2024. Ridwan Kamil-Suswono masih memimpin dengan elektabilitas tertinggi yaitu 48,4 pesen.

Di posisi kedua, pasangan Pramono-Rano memperoleh 22,1 persen dan terakhir Dharma-Kun hanya meraih 2,1 persen suara.

Ada juga, survei Charta Politika yang digelar pada 19-24 September 2024. Pasangan Ridwan Kamil-Suswono memperoleh 48,3 persen; Pramono-Rano 36,5 persen; dan Dharma-Kun memperoleh 5,6 persen.

Hasil survei elektabilitas Indonesian Political Opinion (IPO) yang digelar 21 hingga 27 September juga menunjukkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 52,6 persen. Pramono-Rano memperoleh 27,1 persen suara, sementara Dharma-Kun berada di posisi ketiga dengan 2,7 persen.

Tapi tak seluruhnya lembaga survei menunjukan dominasi Ridwan Kamil-Suswono. Sebab, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyampaikan data bila pasangan Pramono Anung-Rano Karno unggul dengan perolehan 41,6 persen, sementara Ridwan Kamil-Suswono hanya mendapat 37,4 persen.

Data itu merupakan hasil survei yang dilakukan dalam rentang waktu 10-17 Oktober 2024.

Terkait hal itu, Juru Bicara pasangan Ridwan Kamil-Suswono, Muhammad Kholid mengatakan, berbagai hasil survei terbaru yang dirilis oleh sejumlah lembaga survei mencerminkan dinamika dan kompleksitas dalam pemilihan umum di Jakarta.

“Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa pasangan Ridwan Kamil-Suswono terus menunjukkan performa yang mengesankan di berbagai survei, dengan persentase elektabilitas yang solid dan positif,” ujar Kholid dalam keterangannya, Sabtu, 26 Oktober.

Namun, pasangan Ridwan Kamil-Suswono akan tetap memperhatikan data mengenai masih ada belasan persen responden yang belum menentukan pilihan. Sehingga, elektabilitas setiap pasangan calon masih bisa berubah-ubah.

"Oleh karena itu, fokus kami tetap pada penyampaian visi dan misi yang jelas, serta program-program konkret yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” ucapnya

Di sisi lain, pasangan Ridwan Kamil-Suswono disebut sangat mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan dan berkomitmen untuk terus bekerja keras di lapangan

Kubu pasangan calon nomor urut satu itu akan memaksimalkan kepercayaan tersebut dalam setiap kesempatan, untuk menjangkau pemilih lebih luas dan membuktikan bahwa Ridwan Kamil-Suswono adalah pilihan terbaik sebagai pemimpin Jakarta ke depan.

"Kami semakin yakin untuk menang satu putaran di Pilkada Jakarta terbuka lebar,” kata Kholid.