Begini Cara Mengubah Website Jadi Aplikasi di Android

JAKARTA – Tidak banyak yang tahu bahwa perangkat Android juga bisa mengubah website menjadi aplikasi seperti desktop. Jika melakukan hal ini, Anda bisa mengakses website favorite dengan sangat mudah.

Ada banyak platform yang menarik untuk diakses, tetapi tidak tersedia dalam bentuk aplikasi di Google Play Store. Misalnya website seperti Archive of Our Own (AO3), MidJourney, dan Udio. Maka dari itu, aplikasi web sangat menarik untuk diunduh.

Satu hal yang menarik dari aplikasi web adalah tampilan yang terasa seperti aplikasi asli. Meski aplikasi web pada dasarnya menggunakan sistem dari browser, pengguna tidak akan melihat antarmuka browser yang muncul di atas atau bawah layar di aplikasi web.

Jika Anda tertarik untuk mengunduh aplikasi web, Anda bisa mengunduh aplikasi Hermit - Lite Apps Browser terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan tahapan berikut ini, dikutip dari How to Geek.

Gunakan Browser Pihak Ketiga

Pada dasarnya, Anda tidak bisa mengunduh aplikasi web melalui Google Chrome. Oleh karena itu, Anda membutuhkan aplikasi Hermit. Jika aplikasinya sudah terunduh, ikuti tahapan berikut.

  1. Klik tombol Buat di sudut kiri bawah.
  2. Saat menunya muncul, pilih opsi Buat Sendiri. 
  3. Masukan situs web yang dingin diunduh.
  4. Tekan tombol Buat Aplikasi Lite dengan ikon tambah.
  5. Beri nama, lalu ketuk Oke.