Timnas Baseball Indonesia Ikut East Asia Baseball Cup 2024

JAKARTA – Timnas Baseball Putra Indonesia mengikuti East Asia Baseball Cup 2024 yang berlangsung di Filipina.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, melapas rombongan untuk berlaga di ajang yang akan dihelat pada 25 Oktober 2024 sampai 3 November 2024 tersebut.

Dito berharap baseball Indonesia terus berpartisipasi dan berprestasi di ajang internasional sehingga nanti punya kesempatan untuk menembus pentas Olimpiade.

"Saya mengapresiasi Timnas Baseball bisa mengikuti berbagai kejuaraan internasional sebagai modal untuk bisa masuk Olimpiade. Apalagi ada beberapa pemain yang berlatih di Jepang," ujar dia.

Pengurus Besar Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) total mengirim sebanyak 24 atlet untuk berpartisipasi di ajang bergengsi ini.

Tim ini dipimpin oleh M. David Franico sebagai manajer, Gilberto R. Sajogo sebagai kepala pelatih, tiga pelatih tambahan, serta satu anggota Steering Committee (SC) untuk memastikan disiplin dan strategi tim selama pertandingan.

Dito mengatakan bahwa partisipasi tim ini otomatis mendukung program Pemerintah yang tengah mempersiapkan beberapa cabang olahraga untuk lolos ke Olimpiade sesuai arahan Presiden Prabowo Subianto.

"Persiapan sudah mulai kita lakukan dari sekarang. Jadi, saya harap baseball Indonesia bisa masuk Olimpiade," ujar Dito, yang sebelumnya menjabat Menpora selama 1,5 tahun di Kabinet Indonesia Maju era Joko Widodo.

Olimpiade berikutnya akan berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 2028. Indonesia ke sana dengan target tinggai mendapat lebih dari dua medali emas.

Sejauh ini dalam sejarah Olimpiade, prestasi terbaik Indonesia di Olimpiade adalah dua medali emas dalam dua kesempatan berbeda, yaitu di Barcelona 1992 dan Paris 2024.