Ranjau Paku dan Potongan Kawat Payung Tersebar di Flyover Gatot Subroto, Ojol Bertindak

JAKARTA – Puluhan paku bertebaran di Flyover Gatot Subroto, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu, 23 Oktober, 2024. Sejumlah relawan yang berasal dari kalangan ojek online (ojol) rela melakukan pembersihan agar pengguna kendaraan bermotor tidak menjadi korban.

Aksi pembersihan paku di Flyover Gatot Subroto terekam video dan viral di media sosial. Dalam video terlihat sejumlah pengendara mengeluh banyaknya ranjau paku bertebaran di jalan tersebut.

“Hati-hati di atas Flyover Kuningan arah Pancoran banyak sebaran ranjau paku, rangka payung,” begitu imbauan yang diserukan melalui postingan di media sosial.

Akun @DaengDale menduga bila pelakunya adalah tukang tambal ban. Ia yakin berdasarkan kasus-kasus sebelumnya.

Akun @RelawanRanjaupaku menyebut banyak mobil dan motor yang terkena ranjau paku tersebut.

“Tiap hari banyak ban mobil dan motor, kena sebaran ranjau rangka payung mas. Bahaya.” ujarnya.

Bahkan, banyak korban dari kalangan ojek online (Ojol). Tak heran, karena sehari-harinya korban melintasi jalan umum yang rawan ranjau paku.

“Ini korban sebaran ranjau rangka paying, abang Grab, dari Cikarang bawa paket lewat jalur rawan sebaran ranjau.” sebutnya.

Keluhan yang sama juga diutarakan Andi (29). Dia mengaku pernah menjadi korban ranjau paku. Bahkan, hanya jeda sebentar, ada kendaraan lain yang juga menjadi korban.

“Pas itu saya di Flyover Pancoran, saya kena. Terus engga lama kemudian ada kendaraan lain,” kata Andi saat ditemui di lokasi, Rabu, 23 Oktober.

Andi menduga pelaku penyebar ranjau paku adalah tukang tambal ban yang tak jauh dari flyover. Namun saat Andi memastikannya, tukang tambal ban membantahnya.

“Bukan saya mas pelakunya,” kata Andi, menirukan ucapan tukang tambal ban.

“Iya mas. Jadi dia kaya engga enak gitu,” ucapnya.

Andi memastikan, selain paku yang ditemukan, ada ranjau yang dibuat dari besi kerangka payung.

“Bentuknya kaya besi payung. Tidak terlalu besar,” ujarnya