Kia Umumkan Proceed Angkat Kaki dari Pasar Inggris Setelah 16 Tahun

JAKARTA - Pabrikan mobil dari Korea Selatan, Kia mengonfirmasi bahwa model Proceed telah angkat kaki dari pasar Inggris usai 16 tahun perjalanan.

Mereka mengonfirmasi bahwa model tersebut harus disetop penjualannya karena memperoleh hasil tidak mengesankan. Menurut pabrikan, model Proceed hanya menyumbang sebagian kecil dari seri Ceed di negeri Raja Charles ini.

“Proceed versi kemudi kanan hanya menyumbang proporsi yang relatif kecil dari keseluruhan produksi dan penjualan Ceed,” tulis Kia dikutip dari Autocar, Rabu, 23 Oktober.

Model Ceed lainnya dalam wujud hatchback dan estate dan Xceed akan tetap dijual di pasar tersebut dengan menyumbang 47 persen dari keseluruhan penjualan seri ini di Inggris.

Meskipun telah diumumkan akan berhenti dijual, Kia masih menyediakan unit Proceed dan masih dapat dipesan oleh pelanggan Inggris untuk menghabiskan stok.

“Proceed telah menjadi model penting bagi Kia di segmen mobil keluarga kompak, menekankan kekuatan Kia dalam hal kualitas, kepraktisan, dan desain yang menarik,” tambah Kia.

Proceed telah menunjukkan eksistensinya di pasar ini sejak 2008 lalu yang diposisikan sebagai varian teratas dari keluarga Ceed. Pada tahun 2019, merek menghadirkannya dalam versi wagon serta menjadi penantang dari VW Golf Estate.

Sejak diubah menjadi model shooting brake pada 2019, dilaporkan bahwa penjualan Proceed berlangsung lambat dengan berhasil terjual hanya 10.000 unit di penjuru Inggris sejak atau sekitar 60.000 unit lebih sedikit bila dibandingkan dengan total penjualan Ceed dan Xceed.

Kia Proceed memiliki spesifikasi mesin 1.5 TGDI ISG berkekuatan hingga 138 dk dan torsi maksimal 253 Nm. Performanya dibantu oleh pilihan transmisi manual enam percepatan dan tujuh percepatan dual-clutch.

Di Inggris, mobil ini ditawarkan dalam dua tipe yakni GT Line dan GT-Line S dengan harga mulai dari 26.855 – 32.315 poundsterling (Rp545,1 juta sampai Rp656 juta).