Ditunjuk Prabowo jadi Menperin Lagi, Agus Gumiwang Akui Dapat Tugas Perdana Hilirisasi Seluruh Komoditas

JAKARTA - Agus Gumiwang Kartasasmita kembali dipercaya untuk menjadi Menteri Perindustrian (Menperin) dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Sebelumnya, Agus menjadi Menperin pada periode kedua Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Menperin mengaku mendapatkan tugas perdana dari Presiden Prabowo Subianto untuk memperluas hilirisasi industri dari seluruh komoditas.

"Alhamdulillah kemarin saya dipercaya kembali oleh presiden yang baru, Bapak Presiden Prabowo untuk melanjutkan tugas saya sebagai Menteri Perindustrian periode 2024-2029," ujar Agus dalam agenda silaturahmi bersama Menperin & Wamenperin di kantornya, Selasa, 22 Oktober.

"Jadi, pidato dari bapak presiden saya kira maknanya sangat dalam. Kalau kami bicara mengenai hilirisasi, itu juga sangat jelas seluruh komoditas diwajibkan untuk kami semua memiliki komitmen menjalankan hilirisasi," sambungnya.

Program hilirisasi merupakan kebijakan lanjutan yang juga telah digencarkan di era Jokowi. Hilirisasi dinilai dapat menjadi jalan untuk pengembangan industri pengolahan sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk industri.

Dalam hal ini, Agus akan membuat peta jalan atau roadmap dalam 3 tahun ke depan terkait hilirisasi sekaligus memperkuat industri manufaktur. Upaya ini dinilai dapat mendorong target pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan berkisar 7-8 persen.

"Jadi, kami punya komitmen (pertumbuhan ekonomi) 7-8 persen (selama) 2-3 tahun ke depan. Sehingga semua komponen bangsa ini, semua stakeholders akan menang dan merasakan dari pertumbuhan ekonomi 7-8 persen," ucap Agus.

"Jadi, yuk kerja sama-sama, we are open untuk masukan apapun guna mencapai target yang disampaikan oleh bapak presiden, yakni pertumbuhan ekonomi 7-8 persen. Yang pasti nanti kontribusi terbesarnya dari sektor manufaktur," imbuhnya.