Ilham HIVI! Sebut Musisi Indonesia Tidak Terbatas Hanya untuk Event Musik

JAKARTA - Grup musik HIVI! sudah berada di industri musik lebih dari 12 tahun lamanya. Mereka sudah merasakan berbagai jenis panggung dan event dengan karakteristik penonton yang beragam.

Ilham Aditama (vokal) mengatakan, belakangan ini panggung untuk para musisi tidak terbatas hanya pada event-event musik saja, namun juga event lain seperti olahraga.

Seperti diketahui, kehadiran para musisi di event olahraga yang sebelumnya tidak lumrah, saat ini justru banyak ditemui. Sebagai contoh dapat dilihat pada pertandingan Timnas Indonesia beberapa waktu lalu yang pernah menghadirkan Sal Priadi dan Anang Hermansyah. Mereka tampil di sela dan akhir pertandingan sepak bola.

Contoh lain dapat dilihat dari banyaknya gelaran sportainment di Indonesia pasca-pandemi, dimana para selebriti Tanah Air dipertemukan untuk bertanding dalam satu event olahraga khusus. Dalam hal ini, Sheila On 7, JKT48, hingga Ariel NOAH juga pernah tampil.

Dari contoh di atas, Ilham melihat musik sebagai bagian dari industri hiburan, punya jangkauan lebih luas ketika masuk kepada event-event olahraga.

Kolaborasi tersebut dilihat tidak hanya menguntungkan untuk industri hiburan semata, namun juga untuk industri olahraga itu sendiri.

“Saya yakin kedepannya kita akan melihat lebih banyak event olahraga yang dipadukan dengan hiburan. Ini bisa jadi potensi besar untuk menarik minat masyarakat,” kata Ilham HIVI! melalui keterangan tertulis, Senin, 21 Oktober.

Terlebih, dalam acara Indonesia Sport Industry Summit 2024 yang digelar pekan lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memperkenalkan Indonesian Sport Promotor (INASPRO), yang salah satu tujuannya untuk membuat event olahraga menjadi lebih profesional dan inovatif.

Ilham pun menyambut positif inisiatif pemerintah tersebut. Ia yakin industri olahraga di Indonesia bisa lebih baik lagi.

"Semoga kedepannya industri olahraga di Indonesia bisa maju dan berkembang dan atlet-atletnya juga lebih diperhatikan lagi," ujarnya.

Sebagai musisi, Ilham juga tidak menutup kemungkinan untuk terlibat dalam event-event olahraga yang berkolaborasi dengan dunia hiburan. Menurutnya, hiburan dan olahraga bisa saling melengkapi untuk menciptakan pengalaman yang unik bagi para penikmatnya.

“Olahraga dan musik itu sebenarnya punya kesamaan, keduanya bisa menyatukan orang dari berbagai kalangan. Saya rasa kolaborasi ini bisa jadi sesuatu yang besar di masa depan,” ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo juga menyampaikan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk memajukan olahraga di Indonesia. Dia berharap, olahraga tidak hanya menjadi bagian dari aktivitas fisik semata, tetapi juga menginspirasi sektor lain seperti industri ekonomi kreatif.

“Olahraga bisa menjadi bagian dari ekonomi kreatif yang memberikan dampak positif tidak hanya bagi para atlet, tetapi juga bagi masyarakat luas,” ujar Menpora Dito.

Lebih jauh, Dito menyebut kehadiran INASPRO ingin setiap talenta dan ide memiliki ruang untuk tumbuh dan berkembang, bahkan mencapai prestasi terbaik di panggung dunia.

"Dampaknya itu jelas harus positif bagi para atlet, masyarakat secara luas, dan juga sektor ekonomi kreatif. INASPRO hadir dengan semangat untuk menghubungkan Indonesia dengan dunia olahraga global,” pungkasnya.