Profil Budi Santoso, Menteri Perdagangan Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

JAKARTA - Budi Santoso resmi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dalam Kabinet Merah Putih pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Budi sendiri merupakan pejabat karir di Kementerian Perdagangan. Jabatan terakhirnya di kementerian adalah Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kemendag era Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas).

Rencananya, Prabowo akan melantik menteri-menteri Kabinet Merah Putih pada Senin, 21 Oktober pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

“Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan,” ujar Prabowo saat mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Merah Putih, di Istana Negara, Jakarta, dikutip Senin, 21 Oktober.

Profil Budi Santoso

Pria yang lahir pada 9 Februari 1968 ini merupakan lulusan Sarjana (S1) Ilmu Komunikasi dan Universitas Sebelas Maret.

Kemudian, dia melanjutkan pendidikannya sebagai Magister Ilmu Administrasi (S2) dari Universitas Indonesia.

Setelah itu, Budi juga mengantongi doktor (S3) Ilmu Komunikasi di Universitas Sahid.

Budi sendiri bukan orang baru di lingkungan Kementerian Pedagangan. Ia memiliki sepak terjang yang cukup panjang dengan meduduki beberapa posisi di Kemendag.

Pada 2010 silam, Budi menjabat sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif pada Unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Kemudian, dirinya dipromosikan untuk menjadi Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di New Delhi pada periode 2012 hingga 2016.

Sepulang dari India, Budi diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan Kerja Sama pada Unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Kemudian, Budi juga sempat menduduki Kepala Biro Keuangan pada Juni 2020 hingga September 2020. Lalu, pada Desember 2020 hingga Desember 2022 Budi ditunjuk sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEK) di Taipe.

Tak berhenti di situ, karir Budi pun berlanjut sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022 sampai Agustus 2024.

Setelahnya, pada 14 Agustus 2024 Budi dilantik menjadi Sekjen Kemendag oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Selain di Kemendag, Budi juga menjabat sebagai Komisaris Utama Holding BUMN Pangan, ID FOOD yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK 174/MBU/07/2023.