Klasemen MotoGP: Jorge Martin Masih Kokoh di Puncak, Marquez Tetap Mengintai

JAKARTA – Setelah balapan dramatis di GP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island pada Minggu pagi 20 Oktober, Jorge Martin tetap kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2024, sementara Marc Marquez semakin memperkokoh posisinya di peringkat ketiga.

Marc Marquez, pembalap Gresini Racing, berhasil memenangkan GP Australia setelah mengalahkan Jorge Martin dalam duel sengit. Ini menjadi kemenangan ketiga bagi Marquez di musim ini, sekaligus menambah 25 poin yang membuatnya nyaman di peringkat ketiga dengan total 345 poin. Marquez kini unggul 14 poin dari Enea Bastianini, pembalap Ducati Lenovo Team, yang berada di posisi keempat.

Martin Kokoh di Pucuk Klasemen

Jorge Martin, yang finis kedua di GP Australia dan mengamankan 20 poin tambahan, semakin memperkuat posisinya di puncak klasemen. Pembalap Prima Pramac Racing tersebut kini telah mengumpulkan total 424 poin, unggul 20 poin dari juara bertahan, Francesco "Pecco" Bagnaia, yang berada di peringkat kedua dengan 404 poin. Bagnaia finis ketiga di balapan GP Australia ini.

Persaingan Peringkat Lima Besar

Di luar tiga besar, persaingan ketat terjadi dalam perebutan peringkat lima besar klasemen sementara MotoGP 2024. Pembalap Red Bull KTM, Brad Binder, tetap bertahan di posisi kelima dengan 192 poin, meskipun hanya finis di urutan ketujuh di GP Australia.

Pedro Acosta dari Red Bull GASGAS berada di peringkat keenam dengan 181 poin, sementara Maverick Vinales dari Aprilia Racing menduduki peringkat ketujuh dengan 171 poin.

Dengan hanya tiga seri tersisa dalam kalender MotoGP 2024, setiap poin menjadi sangat krusial bagi para pembalap yang masih berjuang untuk memperbaiki posisi mereka dalam klasemen.

Peluang Marquez untuk menjadi juara dunia cukup kecil mengingat selisih poin dengan Martin adalah 79 poin dan tersisa tiga balapan lagi. Di setiap seri, seorang pembalap bisa mendapatkan poin maksimal, 12 poin di sprint race dan 25 poin di balapan utama. Jika Martin terus gagal merebut poin di tiga balapan sisa, Marquez bisa saja menyalip perolehan poinnya. Namun dengan catatan Bagnaia juga gagal meraih poin penting di balapan tersisa. 

Seri berikutnya adalah GP Thailand yang akan digelar di Sirkuit Internasional Chang pada Minggu, 27 Oktober 2024. Persaingan di tiga balapan terakhir dipastikan akan semakin sengit, terutama antara Martin dan Bagnaia dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2024

Klasemen MotoGP 2024 (Top 10) Setelah GP Australia:

  1. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) - 424 poin
  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) - 404 poin
  3. Marc Marquez (Gresini Racing) - 345 poin
  4. Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) - 331 poin
  5. Brad Binder (Red Bull KTM) - 192 poin
  6. Pedro Acosta (Red Bull GASGAS) - 181 poin
  7. Maverick Vinales (Aprilia Racing) - 171 poin
  8. Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) - 151 poin
  9. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) - 150 poin
  10. Aleix Espargaro (Red Bull KTM) - 136 poin