Sapa Sultan Brunei hingga Kepala Delegasi AS, Presiden Prabowo: Terima Kasih Atas Kehadiran Anda

JAKARTA - Presiden RI Prabowo Subianto berterima kasih kepada seluru tamu negara, mulai dari Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah hingga Kepala Delegasi Amerika Serikat Linda Thomas-Greenfield yang hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Hari ini.

Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Presiden ke-8 RI bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden ke-14 RI, dalam sidang paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober.

Sidang paripurna ini dipimpin Ketua MPR RI Ahmad Muzani dengan dihadiri para anggota DPR dan DPD RI serta tamu undangan dan tamu negara.

Mengawali pidato kenegaraan pertamanya, Presiden Prabowo menyapa dan berterima kasih atas kehadiran kepala negara, kepala pemerintahan, hingga utusan khusus negara sahabat dan organisasi internasional yang hadir dalam pelantikan kali ini.

"Atas nama rakyat Indonesia, saya ingin berterima kasih atas kehadiran Anda semua," kata Presiden Prabowo.

"Suatu kehormatan bagi kami Anda jauh-jauh datang di tengah jadwal yang padat, di momen kedaulatan konstitusional kami," lanjut Presiden Prabowo.

Presiden Prabowo pun menyebut nama lengkap beserta dengan kedudukan dan asal negara mereka yang hadir, dimulai dari Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah hingga Utusan Khusus Presiden Prancis Francois Corbin.

"Kita juga berdoa kepada Yang Maha Kuasa, agar tamu-tamu agung kita, mereka-mereka yang datang dari jauh, akan kembali ke rumah mereka masing-masing dalam keadaan aman, dalam keadaan terus bersahabat dengan kita," kata Presiden Prabowo menutup pidato kenegaraannya.

Selain Sultan Brunei, Kepala Delegasi Amerika Serikat dan Utusan Khusus Presiden Prancis, tamu negara yang hadir antara lain, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr., Perdana Menteri Kamboja Hun Manet, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, hingga Perdana Menteri Singapura Lawrance Wong.

Ada pula Wakil PM Thailand Suriya Juangroongruangkit, Wakil Presiden Laos Pany Yathotou, Wakil Presiden Vietnam Vo Thi Anh Xuan, PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Papua Nugini James Marape, Wakil PM Australia Richard Marles, Wakil PM Selandia Baru Winston Peters, Wakil Presiden China Han Zheng, Wakil Pertama PM Rusia Denis Manturov, Wakil PM Qatar Khalid Khalid bin Mohamed Al-Attiyah dan PM Serbia Milos Vucevic.

Berikutnya ada juga PM Korea Selatan Han Duck-soo, PM Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas, PM Kepulauan Solomon Jeremiah Manele, Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy, hingga Mantan Presiden Jerman Christian Wulff.

Usai Sidang Paripurna, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran menyapa langsung dan menyalami tamu negara yang hadir dalam pelantikan hari ini. Keduanya berbincang hangat dengan tamu negara yang hadir.