FIFA Pastikan Klub yang Dibela Messi, Inter Miami jadi Salah Satu Peserta Piala Dunia Antarklub 2025

JAKARTA - FIFA memastikan klub MLS Inter Miami, yang dikapteni bintang Argentina Lionel Messi, menjadi salah satu peserta Piala Dunia Antarklub 2025 yang digelar si Amerika Serikat setelah memenangkan MLS Supporter's Shield 2024.

"Dengan bangga saya mengumumkan bahwa, sebagai salah satu klub terbaik di dunia, Inter Miami berhak berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub 2025 sebagai perwakilan dari Amerika Serikat," ujar Presiden FIFA Gianni Infantino, dikutip dari laman FIFA di Jakarta, dikutip Antara, Minggu 20 Oktober.

MLS Supporter's Shield merupakan gelar tahunan yang diberikan kepada tim dengan catatan keseluruhan terbaik di musim reguler MLS.

Pada tahun 2024, Inter Miami mendapatkan MLS Supporter's Shield setelah meraih 74 poin dari 34 pertandingan, dengan torehan 22 kemenangan, empat kekalahan dan delapan seri.

Selain sebagai peserta, Inter Miami pun dipastikan menjadi tuan rumah upacara pembukaan Piala Dunia Antarklub FIFA 2025 pada 15 Juni 2025.

"Itu akan menjadi perayaan yang hebat untuk klub-klub sepak bola secara global. Turnamen itu akan diikuti 32 klub dari seluruh dunia dan menyediakan kesempatan untuk klub, pemain, pelatih dan suporter untuk menggoreskan ceritanya," kata Gianni.

Inter Miami pun berstatus sebagai peserta ke-31 Piala Dunia Antarklub 2025 yang akan diikuti 32 tim.

Tim terakhir yang akan terlibat dalam turnamen itu adalah juara Piala Libertadores 2024 yang akan diketahui setelah partai final di Buenos Aires, Argentina, pada 30 November 2024.

Adapun pengundian grup Piala Dunia Antarklub FIFA 2025 akan berlangsung pada Desember 2024.

Piala Dunia Antarklub FIFA 2025 akan bergulir dengan format berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, kejuaraan itu dilaksanakan setiap Desember dan juara Liga Champions UEFA baru akan berlaga pada babak semifinal.

Pada edisi terbaru itu, ada 32 tim dari tujuh konfederasi sepak bola di bawah FIFA yang berpartisipasi dalam turnamen bersistem grup dengan durasi nyaris satu bulan yakni 15 Juni-13 Juli 2025.