Denmark Open 2024: Gregoria Jumpa An Se-young di Semifinal

JAKARTA – Gregoria Mariska Tunjung mendapat tantangan berat di babak semifinal Denmark Open 2024 karena harus bersua unggulan pertama asal Korea Selatan, An Se-young.

Peraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024 itu mencapai semifinal setelah berjuang rubber game mengalahkan Pusarla V. Sindhu dengan skor 21-13, 16-21, dan 21-9 pada Jumat, 18 Oktober 2024, malam WIB.

Raihan itu merupakan kemenangan pertama Gregoria dalam empat pertemuan terbaru dengan pebulu tangkis tunggal putri asal India tersebut.

Adapun secara keseluruhan, ini merupakan kemenangan ketiga juara dunia junior 2017 tersebut atas Sindhu dari total 13 bentrok kompetitif mereka.

Dua kemenangannya sebelum itu terjadi pada 2023 di Spanyol Masters dan Malaysia Masters. Setelah itu, Gregoria sempat kalah tiga kali beruntun sebelum kemenangan di Denmark.

Gregoria menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama yang lolos ke semifinal Denmark Open 2024 dari empat wakil Merah-Putih yang berjuang di babak perempat final.

Sayangnya, kemenangan Gregoria ini gagal diikuti oleh ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Pasangan itu harus pulang usai dihajar unggulan kedua asal China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Sementara itu, bentrok dengan An Se-young bakalan menjadi ujian berat buat Gregoria. Pasalnya, dalam delapan duel sebelumnya, Gregoria tercatat tidak pernah menang.

Gregoria dan An Se-young terakhir kali bersua di semifinal Olimpiade Paris 2024 pada 4 Agustus 2024. Ketika itu, Gregoria dipaksa menyerah dalam pertandingan tiga gim.