Bournemouth vs Arsenal: The Gunners di Atas Angin

JAKARTA - Bournemouth akan menjamu Arsenal pada pekan kedelapan Liga Inggris 2024/2025 di Stadion Vitality, Sabtu, 19 Oktober 2024, malam WIB.

The Cherries berambisi laju The Gunners yang belum terkalahkan sepanjang tujuh laga Liga Inggris sebelumnya.

Hanya saja, misi itu terlalu muluk. Arsenal masih terlalu tangguh untuk Bournemouth.

The Gunners saat ini berada di urutan ketiga klasemen, satu poin di belakang Liverpool yang merupakan pemimpin liga.

Perjalanan Arsenal pada awal musim ini juga terbilang berat. Namun, pasukan Mikel Arteta melewati dengan baik.

Mereka mengalahkan Aston Villa dan Tottenham Hotspur saat bertandang. Kemudian, mereka juga sudah menahan seri Manchester United 2-2 di Etihad.

Sebelum jeda internasional, The Gunners sedang dalam tren empat kemenangan beruntun di semua ajang, satu di antaranya ialah mengalahkan Paris Saint-Germain 2-0 di Liga Champions.

Situasi itu menjadi alarm bahaya lagi bagi Bournemouth. Sebelum libur internasional, mereka menelan kekalahan dari Leicester City 0-1.

Penampilan The Cherries juga masih inkonsisten. Mereka baru mengemas delapan poin dari tujuh pertandingan dan bertengger di peringkat ke-13 klasemen Liga Inggris.

Meski demikian, Bournemouth meningkat ketimbang awal musim lalu yang mana mereka tak satu pun menang dari sembilan pertandingan pembuka.

Pada musim ini, The Cherries berhasil memenangi dua laga, seri dua kali, dan kalah tiga kali di awal musim.

Hanya saja, catatan itu tak bisa menjadi senjata kala berjumpa Arsenal. Pasukan Andoni Iraola harus sadar bahwa mereka selalu kalah dalam lima pertemuan terakhir kompetitif, empat di Liga Inggris dan satu di Piala FA.

Belum lagi catatan mengesankan lain. Sejak awal musim lalu, The Gunners telah membanggakan rekor pertahanan terbaik di Liga Inggris, dengan rata-rata hanya kebobolan 0,78 gol per pertandingan.

Pertahanan Arsenal telah menjadi kekuatan utama dalam beberapa musim terakhir. Mikel Arteta telah menyusun salah satu tim yang paling tangguh secara fisik di Liga Inggris dan hal itu telah membuahkan hasil.

Hanya Liverpool yang kebobolan lebih sedikit gol daripada The Gunners pada tahap awal musim ini.

Arsenal hanya kebobolan 29 gol musim lalu yang terendah di Liga Inggris. Hal itu membuktikan bahwa pertahanan mereka yang kokoh bukanlah suatu kebetulan.

Serangan mereka juga mengancam, dengan hanya Manchester City yang mencetak lebih banyak gol daripada Arsenal selama musim lalu.

Musim ini, produktivitas gol Arsenal lebih baik ketimbang Liverpool yang ada di puncak klasemen.

Kai Havertz menjelma menjadi predator semenjak posisinya diubah oleh Arteta menjadi ujung tombak.

Havertz menghadirkan perpaduan antara kekuatan dan kecakapan teknis yang dapat memberikan efek menghancurkan lawan.

Kemampuan udaranya juga membuatnya menjadi ancaman dari bola mati. Kai datang ke pertandingan melawan Bournemouth setelah mencetak gol dalam empat pertandingan terakhirnya.

Dia total telah mencetak empat gol di Liga Inggris sejauh ini. Bahkan, pemain Timnas Jerman tersebut diprediksi mencetak lebih banyak gol.

Havertz mencatatkan namanya di papan skor saat Arsenal menang 4-0 dalam pertandingan melawan Bournemouth musim lalu. Dia akan kembali mengandalkan peluangnya.

Prakiraan Formasi

Bournemouth (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Smith, Zabarnyi, Senesi, Kekez; Cook, Christie; Kluivert, Semenyo, Tavernier; Evanilson

Arsenal (4-4-2): Raya; Partey, Saliba, Gabriel, Kiwior; Saka, Jorginho, Rice, Trossard; Havertz, Jesus

Head-to-Head Bournemouth vs Arsenal

04/05/24 Arsenal vs Bournemouth 3-0 (Liga Inggris)

30/09/23 Bournemouth vs Arsenal 0-4 (Liga Inggris)

04/03/23 Arsenal vs Bournemouth 3-2 (Liga Inggris)

20/08/22 Bournemouth vs Arsenal 0-3 (Liga Inggris)

28/01/20 Bournemouth vs Arsenal 1-2 (Piala FA)