Debat Pilkada, Airin Gagas Program Kartini Banten untuk Perlindungan Keluarga dan Pendidikan

TANGERANG - Calon gubernur Banten nomor urut satu, Airin Rachmi Diany, menggagas program Kartini Banten yang bertujuan memberikan perlindungan bagi keluarga. Pernyataan itu disampaikan Airin pada debat perdana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024 di Auditorium Bank Mega Jakarta pada Rabu kemarin.

"Kami punya program Kartini Banten. Dimana ada perlindungan keluarga, anak, perempuan. Bukan hanya urusan pendidikan saja, tetapi juga urusan kesehatan dan perlindungan kekerasan anak dan perempuan," kata Airin dalam sesi debat.  

Airin menyadari bahwa seringkali anak perempuan terpinggirkan dalam hal pendidikan ketika dana terbatas. Guna mengatasi hal ini, ia berkomitmen memberikan beasiswa kepada anak-anak perempuan yang ingin melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

"Kami sangat hadir memberikan beasiswa kepada anak-anak perempuan yang mau bersekolah. Bahkan tidak hanya sampai dengan SMA, tetapi ke perguruan tinggi bagi anak-anak perempuan Banten," kata Airin.

Program ini juga memberikan perhatian kepada anak laki-laki berprestasi, dengan harapan pendidikan dapat mengubah nasib mereka.

Menurut Airin, ilmu pengetahuan adalah bekal penting untuk mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan kualitas hidup.

"Ilmu tidak berat dibawa kemana-mana, maka dengan ilmu akan memberikan bekal kepada anak-anak agar bisa mendapatkan pekerjaan, penghasilan, sebagai calon ibu sebagai pendidik anak-anak agar hidup lebih baik lagi," kata Airin.

Konsep Kartini Banten menekankan pentingnya pendidikan untuk semua anak, bertujuan mengurangi angka putus sekolah sehingga setiap anak dapat menyelesaikan pendidikan minimal hingga SMA dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Sehingga tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah, minimal bisa sekolah sampai SMA, bahkan ke perguruan tinggi," kata Airin.