Jelang Purnatugas, Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans Sumatera Senilai Rp11,92 T

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penyelesaian pembangunan dua ruas jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di bagian Sumatera Utara dan Jambi, pada hari ini.

Kedua ruas tersebut adalah Jalan Tol Ruas Indrapura–Kisaran Seksi 2 (Lima Puluh-Kisaran) di Provinsi Sumatera Utara dan Jalan Tol Bayung Lencir–Tempino Bagian Ruas Jalan Tol Betung Jambi di Asahan, Provinsi Jambi.

"Alhamdulillah pada siang ini telah selesai," kata Jokowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 16 Oktober.

Jokowi mengatakan, Jalan Tol Bayung Lencir ke Tempino seksi 3 di Jambi memiliki panjang 34 kilometer (km). Pembangunannya menghabiskan anggaran Rp5,6 triliun dengan total waktu pengerjaan selama dua tahun terakhir.

Sementara itu, Jalan Tol Indrapura–Kisaran dibangun sejak 2018 dengan investasi melalui APBN senilai Rp6,32 triliun. Tol ini memiliki total panjang 47,75 km yang terdiri dari 2 seksi, yaitu seksi 1 Indrapura–Lima Puluh sepanjang 15,6 km dan seksi 2 Lima Puluh–Kisaran sepanjang 32,15 km.

"Ini akan menjadi daya saing dan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Provinsi Sumatera Utara maupun Jambi," ujarnya.

Jokowi berharap, dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera, khususnya dua tol yang diresmikan saat ini dengan anggaran total Rp11,92 triliun nantinya bisa memberikan kecepatan dalam mobilitas orang, barang dan pengiriman maupun distribusi logistik.

"Sehingga setiap daerah akan bisa bersaing dengan daerah di negara-negara lain karena persaingannya antar negara itu ketat sekali," ucapnya.