Siomay hingga Sambal Terasi, 7 Makanan Indonesia Terlezat Versi Taste Atlas

JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kuliner khas yang lezat dari berbagai daerah. Beberapa di antaranya bahkan masuk sebagai yang terlezat versi majalah yang fokus pada kuliner hingga peta rasa dunia, Taste Atlas. 

Majalah yang berbasis di Eropa itu memang terkenal kerap mengulas berbagai kuliner unggulan dari berbagai belahan dunia. Indonesia pun sempat beberapa kali masuk ke dalam daftar makanan terlezat dalam sejumlah edisinya.

Di bawah ini adalah 7 makanan Indonesia paling lezat versi laman Taste Atlas, yang dirangkum berdasarkan pilihan pengguna situs tersebut.

1. Siomay

Makanan Indonesia paling lezat pertama adalah siomay. Makanan ini diyakini dibawa oleh imigran Tiongkok yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Siomay terbuat dari pangsit ikan, telur, kol, tahu, dan pare yang dikukus. Makanan ini disajikan di atas piring dengan bumbu saus kacang kental, yang dapat ditambahkan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis untuk menambah kenikmatannya.

2. Soto Betawi

Soto Betawi juga masuk dalam jajaran makanan Indonesia terenak versi Taste Atlas. Makanan ini terdiri dari potongan daging dan jeroan, dengan kuah santan kaya rasa dari rempah-rempah, seperti serai, kunyit, lengkuas, daun jeruk, dan ketumbar.

3. Pempek

Makanan asli Palembang, Sumatera Selatan ini merupakan olahan ikan tradisional, yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Pempek akan dikusus lebih dahulu, kemudian digoreng dan disajikan bersama mi, potongan mentimun, dan kuah cuko.

Makanan ini awalnya muncul karena kebosanan warga Palembang dahulu dalam mengonsumsi ikan goreng dan ikan bakar. Mereka berinovasi untuk menggiling ikan dengan tapioka, lalu menggorengnya hingga terciptalah pempek.

4. Rawon

Makanan Indonesia terenak selanjutnya adalah rawon. Makanan ini terbuat dari renpah-rempah seperti daun jeruk, serai, jahe, cabai, dan kunci utamanya adalah keluak.

Keluak adalah kacang hitam khas Indonesia, yang memberikan warna kehitaman pada kuah rawon. Keluak tersebut akan dihaluskan bersama rempah lainnya untuk mendapatkan cita rasa rawon yang khas.

5. Batagor

Batagor merupakan salah satu jajanan pasar yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Tampilan batagor kurang lebih mirip dengan siomay, tetapi batagor memiliki kulit luar dan digoreng, bukan dikukus.

Batagor dibuat biasanya menggunakan ikan tuna, tenggiri, dan campuran udang. Sajian batagor dilengkapi dengan kentang, tahu, dan dilumuri bumbu saus kacang.

6. Bubur ayam

Bubur ayam khas Indonesia memiliki rasa yang autentik. Bubur ini disajikan dengan suwiran daging ayam dan bumbu tambahan untuk menambah kegurihan rasa.

7. Sambal terasi

Kuliner Nusantara terakhir yang disebut terenak oleh Taste Atlas adalah sambal terasi. Sambal ini dibuat dengan kombinasi cabai merah dan terasi sebagai bahan utamanya.