Jokowi Minta MPR Sukseskan Pelantikan Prabowo-Gibran

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berpesan kepada pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI untuk menggelar agenda pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024 dengan sukses karena acara itu dihadiri para tamu penting atau VVIP.

Pesan itu disampaikan Ketua MPR Ahmad Muzani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/10), usai mengundang Presiden Jokowi hadir pada agenda pelantikan.

"Beliau berharap pelantikan berlangsung dengan sukses karena ini adalah sebuah hajat yang akan dihadiri banyak VVIP, baik negara sahabat maupun negara-negara tetangga," katanya dilansir ANTARA.

Dalam pertemuan sekitar satu jam di Istana Merdeka, Jakarta, Muzani bersama delapan orang wakil ketua MPR mengapresiasi kepemimpinan satu dekade Jokowi, khususnya transisi kepemimpinan nasional yang berjalan dengan baik dan lancar.

Muzani mengatakan situasi itu patut menjadi contoh untuk bisa ditiru dalam prosesi serupa berikutnya.

"Karena ini adalah sebuah prosesi sukses yang kami anggap oleh pimpinan MPR berjalan cukup bagus, dari presiden lama ke presiden baru. Kami menganggap ini patut menjadi contoh dan prototype yang bisa ditiru oleh prosesi-prosesi berikutnya," katanya.

Selain itu, Muzani juga melapor kepada Presiden Jokowi persiapan penyelenggaraan pelantikan sudah mencapai 90 persen rampung dan mayoritas tamu yang diundang mengonfirmasi hadir.

Sebelumnya, MPR mengundang sejumlah tamu penting dalam prosesi pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka di gedung Nusantara, MPR/DPR, Jakarta, pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.

Selain dihadiri langsung Presiden Jokowi, MPR juga mengundang mantan presiden dan perwakilan keluarga hingga kepala negara di kawasan ASEAN dan mitra ASEAN.

Khusus kepala negara tetangga itu, MPR masih menunggu hasil inventarisasi konfirmasi hadir dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Selain itu, juga diundang para kontestan Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo, dan Mahfud MD.

Usai menyerahkan undangan kepada Jokowi, berikutnya pimpinan MPR menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, sekitar pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan agenda yang diterima ANTARA, pertemuan pimpinan MPR dengan Gibran akan dilakukan di salah satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 18.30 WIB.