Yamaha Luncurkan YZF-R9 2025, Siap Dipacu di Trek Balap

JAKARTA – Pabrikan kendaraan roda dua ternama, Yamaha telah resmi merilis YZF-R9 model 2025. Motor bergaya supersport ini hadir demi memenuhi kebutuhan kecepatan para pecinta balap.

Motor ini dirancang secara tidak sembarangan. Sebab, pabrikan berlogo garputala ini menghadirkannya dengan mengambil inspirasi dari motor balap MotoGP.

Melansir dari Motorcyclenews, Senin, 14 Oktober, Yamaha R9 hadir dalam versi produksi dengan beberapa perlengkapan standar seperti winglets dan meminimalkan perangkat elektronik sehingga memudahkan pengguna merasakan sensasi seperti motor balap sesungguhnya.

Perangkat winglets dihadirkan pada motor bergaya balap ini yang terintegrasi di bagian depan kanan maupun kiri. Ini berperan dalam memaksimalkan aerodinamika sehingga pengendara dapat optimal melajukan motornya seperti seharusnya.

Merek ternama dari Jepang ini juga hadirkan lampu Daytime Running Light (DRL) yang berfungsi sebagai penerangan pada waktu siang hari.

Demi menonjolkan unsur sporty pada motor tersebut, bagian tangki BBM (Bahan Bakar Minyak) dibuat mirip dengan Yamaha R1. Lalu di buritan atau bagian buntut menjulang tinggi, terinspirasi punya R6.

Berbicara soal performanya, Yamaha YZR-R9 terbaru memiliki mesin yang serupa seperti MT-09, yakni dengan kapasitas 890 cc crossplane 3-silinder segaris yang fenomenal. Dengan demikian, mesin tersebut dapat memberikan dorongan tenaga 117 dk pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm.

Tenaga tersebut juga akan dibantu dengan sistem penggerak roda belakang melalui transmisi enam percepatan manual digabungkan dengan Assist and Slipper Clutch.

Selain sisi performa, Yamaha juga menekankan pentingnya pengendalian pada motor ini. Karenanya, pabrikan menghadirkan sasis deltabox yang diklaim memiliki bobot lebih ringan namun nyaman untuk digunakan.

Berfokus pada performa, pabrikan memberi motor ini suspensi dari KYB pada bagian depan maupun belakang. Pengendara dapat melakukan penyetelan pada sistem ini sesuai dengan kebutuhannya.

Bagian pengereman disematkan merek Brembo dan cakram depan berukuran 320 mm. Sehingga pengemudi dapat dengan aman memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi dan menghentikannya secara optimal.

Tawarkan sejumlah hal menarik, Yamaha membanderol YZF-R9 2025 dengan harga kurang dari 13.000 poundsterling atau setara dengan Rp264,6 juta.