KSAD: “Ciliwung Bening”, Langkah Awal Kesinambungan Jaga Kebersihan Lingkungan

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memimpin ribuan prajurit TNI dalam kegiatan karya bakti pembersihan Sungai Ciliwung yang diberi tajuk “Ciliwung Bening”. Kegiatan yang dipusatkan di wilayah Tambora, Jakarta Barat, pada Minggu (13/10/2024), ini masih merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-79 TNI.

Dalam kesempatan itu, KSAD berharap, pembersihan Sungai Ciliwung ini seyogyanya bukan hanya dilakukan saat memperingati hari besar saja, apalagi dilakukan setelah bencana (banjir) terlanjur terjadi. Melainkan, kegiatan positif ini dilakukan sebagai langkah awal menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan.

“Jangan menunggu ada yang ulang tahun (hari besar) atau menunggu sungai penuh (sampah), apalagi sampai terjadi musibah (banjir). Mudah-mudahan, dengan ini kita menemukan rumus untuk bagaimana menjaga sungai dalam jangka panjang, agar bisa diikuti (sebagai percontohan) di seluruh wilayah Indonesia,” ujar KSAD.

Kegiatan “Ciliwung Bening” melibatkan lebih dari 35 ribu personel yang terdiri dari TNI (AD, AU, AL), Dinas Lingkungan Hidup, PPSU, serta masyarakat. Aksi pembersihan dilakukan sepanjang lebih dari 82 kilometer di area Sungai Ciliwung.

KSAD juga menjelaskan inovasi TNI AD yang berperan besar terhadap kebersihan perairan di Indonesia, yaitu perahu ponton untuk membersihkan sungai dan danau dari eceng gondok serta sampah. Tak lupa, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai alam, terutama sungai, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan terus menjaga kebersihan lingkungan.

Selain pembersihan sungai, rangkaian HUT ke-79 TNI juga diisi dengan berbagai kegiatan bakti sosial, seperti pembersihan tempat ibadah, pasar, taman, dan perbaikan jalan.