5 Destinasi Wisata Rohani Umat Kristiani di Indonesia

JAKARTA - Indonesia memiliki keragaman wisata yang indah. Pilihan wisata rohani bagi umat Kristiani di Indonesia tak hanya menyajikan tempat wisata, melainkan mempelajari agama lebih mendalam.

Terdapat beberapa wisata rohani di Indonesia yang menjadi pilihan bagi umat Kristiani untuk mengisi libur Paskah maupun Natal. Berikut 5 tempat wisata rohani Kristen di Indonesia, seperti dilansir dari laman Kemenparekraf.

1. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus merupakan penggambaran wujud dari juru selamat umat Kristiani di seluruh dunia. Dari berbagai patung Yesus yang ada di dunia, ternyata patung Yesus tertinggi di dunia ada di Indonesia. Patung ini memiliki tinggi mencapai 45 meter.

Patung yang diberi nama Yesus Memberkati ini dibangun kurang lebih satu tahun. Terletak di puncak Bukit Buntu Burake di Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Patung Yesus Memberkati berada di atas bukit setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut.

2. Graha Maria Annai Velangkanni

Gereja Katolik kerap dikunjungi untuk beribadah. Namun, berbeda dengan Graha Maria Annai Velangkanni, gereja ini juga dikunjungi karena arsitekturnya. Bangunan ini memiliki 7 lantai yang melambangkan tujuh tingkatan surga, dan dilengkapi relief dinding yang menceritakan peristiwa penyaliban Kristus.

Berlokasi di Medan, Sumatera Utara, Graha Maria Annai Velangkanni adalah tempat suci yang didedikasikan kepada Bunda Maria atau dikenal sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha, Our Lady of Good Health di India.

3. Bukit Doa

Bukit Doa berada di area Gunung Mahawu, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Karena berada di ketinggian, Bukit Doa sangat sejuk. Lokasinya sangat indah. Pohon-pohon yang berada di sana tertata sangat rapi.

Destinasi wisata rohani ini juga dilengkapi dengan beberapa tempat berdoa yang menenangkan bagi umat Kristiani. Berjarak sekitar 40 menit dari Kota Manado, Bukit Doa Tomohon sering menjadi tempat tujuan wisata para pelancong, baik lokal maupun dari luar Sulut.

4. Bukit Salib Kasih

Taman Wisata Salib Kasih di Tapanuli Utara menjadi monumen spritualitas bagi perantau yang pulang ke kampung halaman saat Natal. Salib Kasih mengenang penginjilan dan pengabdian misionaris Jerman, Nommensen.

Taman wisata religi yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini memiliki salib setinggi 31 meter itu untuk mengenang karya penginjilan dan pengabdian misionaris Kristen asal Jerman, Ingwer Ludwig Nommensen (1834-1918). Di tempat ini terdapat 10 Perintah Allah dan ayat suci pada kayu atau ukiran batu.

5. Gue Maria Puhsarang

Gua Maria Lourdes Pohsarang adalah sebuah tempat suci yang terletak di desa Pohsarang, Kecamatan Pohsarang, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat wisata ini telah menjadi salah satu pusat peribadatan dan spiritualitas bagi umat Katolik di Indonesia.

Tempat ziarah umat Katolik ini berada di kompleks Gereja Pohsarang, dan lokasinya berada di ketinggian 400 mdpl. Tidak hanya untuk berdoa umat Katolik, Gua Maria Lourdes Pohsarang juga kerap gunakan umat beragama lainnya untuk bermeditasi. Gua Maria ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung untuk beribadah.