Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagian orang tertarik untuk melakukan wisata religi dengan mendatangi sejumlah tempat-tempat yang bernuansa islami. Wisata religi bisa menjadi aktivitas menarik bersama keluarga atau teman-teman untuk menghabiskan hari libur atau weekend. 

Terdapat beberapa wisata religi Islam di Jakarta yang bisa didatangi. Selain memberikan pengalaman yang berbeda, wisata religi juga bisa meningkatkan keimanan seseorang dan upaya mendekatkan diri kepada Tuhan. 

Pilihan Wisata Religi Islam di Jakarta 

Di Jakarta terdapat beberapa destinasi tempat yang menawarkan nilai-nilai Islam. Mengunjungi sejumlah tempat ini bisa sebagai napak tilas perkembangan agama Islam di Jakarta. Selain itu, ada pula bangunan-bangunan  masjid baru yang megah dan indah. 

Berikut ini rekomendasi beberapa wisata religi Islam di Jakarta yang bisa Anda jadikan tujuan kunjungan:

Masjid Istiqlal

Destinasi wisata religi Islam pertama yang bisa Anda datangi di Jakarta adalah Masjid Istiqlal. Sebagai simbol kebanggaan Indonesia, masjid ini dianggap sebagai salah satu yang paling indah di dunia dan juga yang terbesar di Asia Tenggara. Masji berkapasitas mencapai 200 ribu jemaah ini memiliki bangunan yang megah. 

Daya tarik Masjid Istiqlal tidak hanya terletak pada ukurannya yang megah. Menariknya lagi, masjid ini dirancang oleh seorang arsitek Kristen bernama Frederich Silaban. Hal ini menegaskan adanya semangat toleransi dan keragaman agama. Selain itu letaknya masjid ini juga berdekatan dengan Gereja Katedral, salah satu gereja tertua di Indonesia.

Desain arsitektur Masjid Istiqlal menggabungkan elemen-elemen Islam yang kuat. Dari pintu yang dihiasi dengan Asmaul Husna hingga 12 pilar yang melambangkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad, semuanya menyatu harmonis dalam keagungan bangunan ini.

Masjid Si Pitung

Masjid berikutnya yang patut dikunjungi adalah Masjid si Pitung. Seperti namanya, masjid ini terkait erat dengan tokoh pahlawan Betawi si Pitung. Terletak di sepanjang Pantai Marunda, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, masjid ini didirikan oleh si Pitung dan keluarganya pada tahun 1600. Arsitektur bangunannya sangat sederhana dengan atap bergaya joglo dan didukung oleh empat pilar yang menjadi daya tarik unik.

Masjid Luar Batang

Salah satu destinasi wisata religi Islam berikutnya di Jakarta adalah Masjid Luar Batang. Terletak di Jalan Luar Batang, Gang V No. 1, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, tempat ibadah ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Tidak heran jika setiap hari, masjid ini ramai dikunjungi oleh ribuan peziarah. 

Selain karena catatan sejarahnya, Masjid Luar Batang juga menjadi tempat pemakaman Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus. Secara arsitektur, masjid ini sederhana namun memiliki dua menara yang menyerupai mercusuar yang memiliki sentuhan unik. Meskipun begitu, masjid ini telah diakui sebagai cagar budaya sejak tahun 1993.

Masjid Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa juga tak boleh Anda lewatkan apabila mencari wisata religi Islam di Jakarta. Dulunya bangunan ini digunakan sebagai kantor pos dan perusahaan kereta api pada masa pemerintahan Belanda. 

Setelah masa kekuasaan Belanda berakhir, bangunan tersebut diubah menjadi kantor Angkatan Laut Jepang. Kemudian setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan ini direnovasi dan dijadikan masjid pada tahun 1987. Masjid Agung Sunda Kelapa resmi diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Masjid At-Tin

Destinasi wisata religi lainnya di Jakarta yang menarik dikunjungi adalah Masjid At Tin. Terletak di Jalan Taman Mini 1 No. 3, Pinang Ranti, Jakarta Timur, tempat ibadah ini pertama kali didirikan pada tahun 1967.

Seiring berjalannya waktu, masjid tersebut telah mengalami transformasi menjadi sebuah bangunan yang megah. Di sekitar masjid ini terdapat taman yang dihiasi lampu-lampu dan pohon palem yang tertata rapi. Suasana di sekitar menciptakan aura Timur Tengah yang kental, dengan berbagai ornamen mewah yang memperindah Masjid At-Tin.

Masjid Al Riyahd Kwitang

Masjid Al Riyadh Kwitang, yang terletak di Jalan Kembang VI, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, merupakan tempat wisata religi Islam yang selalu ramai dikunjungi. Meskipun berada di dalam gang, masjid ini sangat populer dan sering kali dipadati pengunjung. 

Di area Masjid Al Riyahd Kwintang terdapat makam Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau Habib Ali Kwitang, seorang ulama berpengaruh pada abad ke-20. Setiap bulan Ramadan, masjid ini menyajikan atmosfer yang khusyuk dan spiritual. Para pengunjung dapat melakukan ziarah, beribadah, dan menikmati berkah bulan suci ini. 

Demikianlah beberapa wisata religi Islam di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Setiap tempat yang disebutkan di atas memiliki nuansa Islami yang kental dan beberapa menjadi saksi bisu peradaban Islam di Indonesia, khususnya Jakarta. Baca juga 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.