Kembali ke IKN, Agenda Jokowi Hari Ini: Uji Coba Bandara hingga Resmikan Istana Negara

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki tiga agenda pada hari ini Jumat 11 Oktober menjelang lengsernya pada Minggu 20 Oktober. Pertama, melakukan uji coba kedua Bandara Nusantara IKN dengan pesawat berukuran lebih besar dari sebelumnya.

Kedua, meresmikan Istana Negara di IKN. Ketiga, melakukan pertemuan dengan sejumlah CEO perusahaan. "Ada peresmian rumah sakit, kemudian ketemu dengan para CEO. Tidak ada (ground breaking). Mungkin (meresmikan Istana Negara)," kata Jokowi Kamis 10 Oktober.

Mengenai uji coba kedua bandara IKN disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani. Jokowi akan mendarat dengan Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet 737-800, yang sebelumnya RJ85.

"Bandara di IKN insyaallah akan siap uji coba juga Jumat besok. Pada Jumat akan dicoba Bapak Presiden melalui bandara IKN. Sebelumnya memang sudah melalui bandara IKN, tetapi sekarang akan coba dengan kapal berbadan besar," kata Rosan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu kemarin.

Landasan pacu (runway) Bandara Nusantara kini sudah dipertebal dan diperluas. Pembangunan bandara IKN ditargetkan selesai pada 31 Desember 2024

Bandara IKN akan memiliki runway sepanjang 3.000 meter dan luas bangunan terminal 7.350 meter persegi. Bandara Nusantara nantinya dapat melayani pendaratan pesawat hingga jenis terbesar B-777 300 ER dan A380.