Gampang Lupa Kenapa Ya? Stres dan Kurang Tidur Termasuk Penyebabnya

YOGYAKARTA – Jadi pelupa sebenarnya tidak terkait umur. Pada usia muda, seseorang juga mengalami tiba-tiba ingat sesuatu yang terlewat. Ternyata pikun yang menjengkelkan ini, terkait dengan kebiasaan tertentu dalam kehidupan sehari-hari yang menyebabkannya dialami. Maka kenali berikut penjelasan tentang penyebab gampang lupa.

1. Kurang tidur

Kurang tidur mungkin jadi salah satu penyebab pikun. Ini faktor yang paling tidak disadari. Kurang tidur juga bisa menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan. Pada akhirnya bisa berkontribusi pada masalah ingatan.

Ilustrasi gampang lupa kenapa ya? (Freepik/lookstudio)

2. Stres dan kecemasan

Hal-hal yang membuat Anda lebih sulit berkonsentrasi dan mengingat informasi serta menyerap keterampilan baru, dapat menyebabkan masalah ingatan. Stres dan kecemasan salah satu pemicunya. Keduanya dapat mengganggu perhatian dan menghalangi pembentukan ingatan baru atau mengingat kembali memori lama.

3. Depresi

Tanda-tanda umum depresi meliputi kesedihan yang menyesakkan, kurang motivasi, dan berkurangnya kesenangan dalam aktivitas yang biasanya dinikmati. Jadi pelupa juga jadi salah satu tanda depresi.

4. Minum terlalu banyak minuman beralkohol

Minuman beralkohol dinikmati secara terbatas, wine misalnya, membantu relaksasi. Tetapi kalau minum terlalu banyak minuman beralkohol, bukan solusi menyelesaikan masalah. Justru bisa menyebabkan gangguan memori jangka pendek.

5. Tiroid kurang aktif

Tiroid tidak berfungsi dengan baik dapat memengaruhi memori. Melansir Harvard Health, Rabu, 9 Oktober, kondisi ini juga mengganggu tidur serta perlu perawatan medis setelah tes darah dan didiagnosa tiroid kurang aktif.

6. Minum obat-obatan tertentu

Obat penenang atau antidepresan serta obat tekanan darah, dapat memengaruhi ingatan. Biasanya menyebabkan sedasi atau kebingungan. Hal ini juga dapat membuat seseorang yang meminumnya sulit menyerap informasi baru dengan saksama. Jenis obat lain, juga obat flu atau alergi yang mengandung brompheniramine, chlorpheniramine, atau diphenhydramine juga menyebabkan gampang lupa.

Rekomendasinya, apabila Anda gampang lupa bisa karena penyebab di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Selain itu, penting mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan mendapatkan tidur cukup serta terampil mengelola stres.