Apple Perbarui Daftar Perangkat 'Vintage' dengan Model MacBook dan iPad Ini

JAKARTA – Apple telah memperbarui daftar produk yang masuk ke dalam kategori vintage. Istilah produk vintage diberikan kepada perangkat yang telah berhenti didistribusikan lebih dari 5 tahun dan kurang dari 7 tahun. 

Selain memperbarui daftar produk vintage, Apple juga menambahkan daftar perangkat yang sudah usang. Ketika masuk ke dalam kategori usang, Apple tidak akan menyediakan dukungan layanan perangkat keras, termasuk suku cadang bagi penyedia layanan. 

Produk vintage atau jadul terbaru yang Apple tambahkan adalah model MacBook Retina berukuran 12 inci yang dirilis pada tahun 2017. Selain itu, ada iPad generasi keenam dengan dukungan Wi-Fi dan Seluler yang ikut masuk ke dalam daftar tersebut. 

Kedua perangkat ini hanya masuk ke dalam kategori vintage karena usianya yang sudah cukup tua. Untuk dukungan suku cadangnya, perangkat seperti MacBook Retina masih bisa diperbaiki dengan suku cadang asli dari Apple.

Sementara itu, perangkat yang masuk ke dalam kategori usang adalah seri iPhone 6, mulai dari model dasar, 6 Plus, hingga 6s Plus. Tak hanya seri iPhone 6, iPod Nano dan iPod Shuffle juga masuk ke kategori usang sehingga suku cadangnya sudah tidak tersedia.

Seri iPhone 6 sudah masuk ke dalam daftar vintage sejak tahun 2022. Perangkat ini sudah seharusnya dipindahkan ke daftar usang karena usianya yang telah mencapai 10 tahun. Apple merilis seri iPhone 6 pada September 2014 lalu.

Sementara itu, iPod Nano dan iPod Shuffle jauh lebih tua dibandingkan dengan seri iPhone 6. Pemutar musik portabel, yang sempat populer pada masanya, ini dirilis pada tahun 2005. Dengan begitu, kedua perangkat ini hampir berusia 20 tahun.