Cara Menyikapi Orang Terdekat yang Sedang Bersedih

JAKARTA - Setiap orang mengalami banyak hal dalam hidup, baik itu yang membahagiakan atau yang menyedihkan. Ketika seseorang bersedih, penting kehadiran orang lain yang dekat dengan dirinya untuk membantu agar kesedihan tidak berlarut dan berujung depresi.

Jika orang terdekat Anda, seperti teman, keluarga, hingga pasangan sedang bersedih, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyikapi mereka. Berikut caranya yang dilansir dari Pinkvilla.

1. Dengarkan cerita mereka

Jika ingin membuat seseorang yang bersedih merasa lebih baik, hal pertama dan terpenting dilakukan oleh Anda adalah mendengarkannya. Dengarkan cerita mereka tanpa menghakimi, meskipun Anda mungkin tidak sepenuhnya setuju dengan sudut pandang mereka. 

Perhatikan apa yang mereka katakan, sehingga Anda tidak melewatkan detailnya, sehingga membuat Anda berempati dengan tulus kepada mereka. Anda juga bisa memberikan nasihat, jika mereka memintanya.

2. Jangan abaikan perasaan mereka

Mengabaikan dan menilai perasaan sedih seseorang terlalu berlebihan akan membuat mereka semakin defensif dan larut akan kesedihan. Meskipun kesedihan seseorang tidak selalu sejalan dengan apa yang Anda pikirkan, tetap coba untuk mengerti perasaan mereka dan bayangkan berada di posisi tersebut.

3. Jangan memaksakan untuk berpikir positif

Sebaiknya tidak memaksakan orang yang sedang bersedih untuk berpikir atau bertindak positif. Pandangan positif pada seseorang yang bahkan belum memproses emosi negatifnya adalah hal yang sia-sia.

Hal tersebut bahkan bisa berdampak menjengkelkan bagi mereka yang sedang bersedih. Jadi, tahan keinginan ini dan percayalah bahwa orang tersebut secara alami akan merasa lebih baik dengan Anda hanya berada di sisi mereka.