Banjir Satu Meter Rendam Mahakam Ulu Kaltim

SAMARINDA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur (Kaltim), bersama Camat Long Pahangai melalukan koordinasi untuk penanganan banjir dengan rata-rata ketinggian satu meter di kecamatan setempat.

"Kami sudah koordinasi dengan Pemkab Mahakam Ulu dalam melakukan penanganan banjir yang terjadi begitu cepat hari ini, terutama koordinasi kami dengan BPBD melalui grup,” ujar Camat Long Pahangai Thomas Ding dilansir ANTARA, Selasa, 8 Oktober.

Banjir di kecamatan tersebut terjadi mulai pukul 08.00 waktu setempat dengan ketinggian bervariasi, namun rata-rata ada di kisaran satu meter.

Bahkan rumah dinas Camat Long Pangangai yang juga berlokasi di Kampung Long Pahangai dengan ketinggian 1,5 meter.

"Namun sore ini ketinggian air mulai menurun, surut sekitar lima sentimeter. Di sini memang begitu kalau banjir. Datangnya cepat, turun juga cepat. Namun banjir tahun ini lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya,” ucap Thomas.

Ia juga mengatakan siklus banjir seperti ini memang hampir terjadi setiap tahun, yakni ketika ada hujan lebat dengan durasi lama, baik hujan lebat di Kecamatan Long Pahangai maupun di kecamatan hulu, yakni Kecamatan Long Apari.

"Tadi malam hujan lebat di dua kecamatan yakni Long Apari dan Long Pahangai, maka sudah bisa diprediksi banjir akan datang pada paginya. Warga sudah hapal dengan kondisi ini. Mereka juga hapal bahwa banjir cepat besar dan cepat surut," katanya.

Banjir di Kecamatan Long Pahangai ini melanda 12 kampung, yakni Kampung Delong Krohong, Long Pakaq, Long Pakaq Baru, Long Lunuk, Long Lunuk Baru, Data Naha, Lirung Ubing, Naha Aru, Long Isun, Liu Mulang, Long Pahangai, dan Kampung Long Pahangai Dua.

Sementara Leginus Liban Ngau, salah seorang warga di Long Pahangai, mengatakan warga sudah meletakkan barang di tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir, ia juga menyebut bahwa banjir kali ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya.