Empat Grand Prix Tersisa di MotoGP 2024, Empat Pebalap Masih Berpeluang Juara Dunia

JAKARTA – Balapan MotoGP 2024 masih menyisakan empat Grand Prix setelah seri Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi selesai pada Minggu, 6 Oktober 2024.

Sejauh ini, perebutan gelar juara ajang balapan paling bergengsi duni itu masih sulit diprediksi. Dua pebalap, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin, sama-sama masih memiliki peluang besar.

Bagnaia, yang merupakan juara bertahan, memenangi Sprint Race dan balapan utama di MotoGP Jepang 2024. Hasil itu membuat dia memangkas jarak poin dengan Martin.

Saat ini Bagnaia duduk di posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 382 poin. Dia tertinggal sebanyak 10 poin dari Martin di posisi teratas.

Dengan demikian, persaingan ketat kedua nama ini kemungkinan besar akan berlangsung hingga ujung musim nanti. Hal itu mengulangi kampanye musim lalu yang juga berlangsung hingga seri terakhir.

Ketika itu, Bagnaia keluar sebagai juara untuk mempertahankan gelar dengan koleksi poin 467 atau unggul sebanyak 39 poin dari Martin yang harus puas sebagai runner-up.

Peluang juga masih dimiliki oleh juara dunia enam kali, Marc Marquez. Rekan senegara Martin ini duduk di posisi ketiga dengan jumlah poin 313, diikuti rekan setim Bagnaia di Ducati Levono Team, Enea Bastianini, yang punya 311 poin.

Sisanya, di luar keempat nama itu punya jarak poin jauh. Marquez dan Bastianini punya peluang kecil kecuali sesuatu yang luar biasa terjadi kepada kedua nama yang berada di atas mereka.

Meski demikian, secara matematis mereka masih punya kans dengan empat Grand Prix tersisa. Pasalnya, masih ada total 148 poin maksimal yang diperebutkan jika mereka memenangi Sprint Race dan balapan utama di seri tersisa.

Persaingan perebutan poin selanjutnya berturut-turut dimulai dari Australia (18-20 Oktober), Thailand (25-27 Oktober), Malaysia (1-3 November), dan seri penutup Valencia (15-17 November).