Kemendag: TEI ke-39 akan Diikuti 1.460 Peserta Pameran

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkap sebanyak 1.460 peserta pameran atau exhibitor siap berpartisipasi dalam pameran produk berorientasi ekspor terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia ke-39 atau TEI ke-39.

Pameran tersebut akan digelar pada 9 hingga 12 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Banten. TEI ke-39 dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Oktober 2024.

“Per 6 Oktober 2024, kami mencatat telah ada 1.460 peserta pameran yang mendaftar untuk ikut serta pada TEI ke-39. Jumlah ini meningkat 18,3 persen dibanding peserta tahun sebelumnya, yaitu 1.234 peserta dan telah melampaui target kami yang sebesar 1.000 peserta,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Mardyana Listyowati dalam keterangan resmi, Senin, 7 Oktober.

Mardyana mengatakan banyaknya peserta pameran kali ini menunjukkan antusiasme para pelaku usaha Indonesia dalam menyambut pembeli atau buyer mancanegara.

Karena itu, Mardyana mengaku optimistis gelaran TEI 2024 akan sukses jika melihat besarnya antusiasme peserta pameran maupun pembeli yang akan hadir.

“Banyaknya jumlah peserta TEI ke- 39 menjadi hasil jerih payah panitia yang terus bersiap menggelar pameran, khususnya menjelang pembukaan yang tinggal beberapa hari,” ujar Mardyana.

Mardyana bilang dari 1.460 peserta pameran, terbanyak menempati Zona Food, Beverage & Agriculture Product yang berada di Hall 2, 3, dan 3A dengan total mencapai 686 peserta. Jumlah peserta terbanyak berikutnya menempati Zona Services, Home Living & Fashion di Hall 7, 8, dan 9 dengan total mencapai 556 peserta.

“Terakhir, yaitu Zona Manufacture Products di Hall 5 dan 6 dengan total 218 peserta,” jelasnya.

Mardyana menambahkan, selain keikutsertaan pelaku usaha yang rutin mengikuti pameran tahunan ini, TEI ke-39 memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan Kemendag untuk turut serta. TEI ke-39 juga menghadirkan stan yang akan memperkenalkan produk unggulan berbagai daerah di Indonesia.

“TEI berkomitmen untuk mendukung roda perekonomian nasional melalui produk-produk unggulan yang berorientasi ekspor,” imbuh Mardyana.