4 Cara Menggunakan Minyak Esensial Lavender untuk Atasi Insomnia dan Stres

JAKARTA - Banyaknya kegiatan sehari-hari tak jarang membuat orang merasa stres, bahkan kesulitan untuk tidur di malam hari atau insomnia. Jika mengalami hal ini, Anda bisa memanfaatkan minyak esensial dari bunga lavender.

Dilansir dari Sleep Doctor, aroma lavender memberi efek menenangkan, sehingga membantu meredakan stres dan masalah tidur. Berikut empat cara menggunakan minyak esensial lavender untuk atasi stres dan insomnia, mengutip dari Hunter Lavender Farm.

1. Menghirup

Dengan hanya menghirup minyak esensial lavender murni, dapat langsung memberikan ketenangan pada Anda, sehingga rasa stres mereda. Menghirup minyak lavender dapat dilakukan langsung dari botol atau taruh beberapa tetes pada kapas.

2. Oleskan di kulit

Anda juga dapat mengoleskan minyak lavender ke kulit untuk membantu redakan stres dan atasi insomnia. Campurkan 8 sampai 10 tetes minyak esensial lavender murni dengan minyak lainnya, seperti baby oil.

Oleskan campuran minyak tersebut ke titik denyut nadi pergelangan tangan, pelipis, dan sisi leher untuk membantu menghilangkan stres.

3. Gunakan alat diffuser

Tambahkan 4-6 tetes minyak esensial lavender murni ke diffuser atau alat untuk menyebarkan minyak aromaterapi. Nikmati aroma lavender dari diffuser yang menenangkan saat memenuhi rumah Anda.

4. Jadikan sebagai minyak pijat

Campurkan 2 sampai 5 ml minyak esensial lavender murni dengan 100 ml minyak lainnya, seperti minyak kelapa. Gunakan campuran minyak tersebut minyak pijat yang menenangkan dan wangi.