Tiga 'Dumbphone' yang Bisa Menjalankan Aplikasi WhatsApp

JAKARTA – Di era smartphone yang semakin canggih berkat fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI), dumbphone masih digemari oleh beberapa orang. Bahkan, ponsel ini populer di beberapa kalangan untuk mendukung gaya Y2K.

Dumbphone merupakan istilah untuk ponsel zaman dulu, kebalikan dari smartphone. Perangkat ini memilih baterai yang tahan lama, harga yang sangat terjangkau, sangat aman karena minimnya koneksi internet, dan fitur utamanya adalah telepon serta SMS.

Meski dumbphone identik sebagai perangkat dengan koneksi internet yang buruk, beberapa dumbphone bisa menjalankan WhatsApp. Ponsel ini tidak menggunakan KaiOS karena WhatsApp telah menghentikan dukungan untuk sistem tersebut.

Jika Anda penasaran apa saja perangkat dengan model jadul, istilah untuk zaman dulu, yang masih bisa menjalankan WhatsApp, berikut ini daftarnya, dilansir dari TechCrunch.

Emporia Touchsmart.2

Ponsel buatan Emporia ini dirancang khusus untuk masyarakat lanjut usia yang masih ingin terhubung dengan anak atau keluarga yang menggunakan smartphone. Perangkat ini hanya bisa menjalankan WhatsApp, Signal, dan Telegram. 

Tampilannya mirip dengan ponsel Nokia di zaman dulu, tetapi ukuran layarnya 3,25 inci. Perangkat ini memiliki dua jenis keyboard, yaitu layar sentuh dan fisik. Touchsmart.2 hanya dijual di Eropa, tetapi masyarakat di luar Eropa bisa membelinya dengan membayar lebih. 

TT970 Phone

Ponsel yang satu ini hampir mirip dengan Touchsmart.2, tetapi fiturnya jauh lebih kaya dan mungkin lebih menarik. Perangkat ini dibuat oleh TTfone, produsen ponsel yang berbasis di AS dan Uni Eropa. Sama seperti Touchsmart.2, TT970 menyasar kaum lanjut usia.

Ponsel ini dilengkapi dengan aplikasi pra-instal seperti WhatsApp, Facebook Lite, YouTube, browser, bahkan email. Seluruh fitur ini akan sangat berguna bagi orang-orang yang ingin membatasi akses internet, tetapi ingin tetap terhubung dengan teman dan kerabat.

Cat S22

Dumbphone terakhir merupakan karya Caterpillar, yaitu Cat S22. Ponsel berbasis Android ini bisa bekerja seperti smartphone, tetapi layarnya menjadi batasan untuk memutar aplikasi tertentu, seperti YouTube atau TikTok misalnya.

Sama seperti TT970, ponsel ini menduga layar sentuh dan fisik serta bisa menjalankan beberapa aplikasi komunikasi, termasuk WhatsApp. Secara teknis, ponsel ini dibuat khusus untuk T-Mobile dan jaringan MVNO, tetapi tersedia juga versi yang tidak terkunci untuk operator GSM lainnya.