Google Akan Rilis Aplikasi Perekam di Chromebook Plus

JAKARTA – Google akan merilis ChromeOS 130 untuk Chromebook Plus pada akhir Oktober dengan berbagai fitur baru. Selain merilis fitur untuk meningkatkan kinerja perangkat, Google juga akan merilis aplikasi baru. 

Aplikasi tersebut adalah Perekam, alat yang digunakan untuk merekam suara dan menyimpannya dalam bentuk file. Perekam bisa ditemukan di perangkat mana pun, baik komputer maupun ponsel, tetapi Google ingin membedakan Perekam di Chromebook Plus.

Dilansir dari 9to5google, aplikasi ini akan menyertakan fitur transkrip secara real-time yang bisa berfungsi meskipun pengguna tidak memiliki data atau jaringan Wi-Fi. Tak sekadar melakukan transkripsi, fitur ini juga bisa mengidentifikasi pembicara dan membuat ringkasan. 

Seluruh audio yang direkam akan terlihat di halaman Rekaman Saya dengan tampilan nama, deskripsi dua baru dari transkripsi, waktu saat audionya direkam, hingga durasi rekamannya. Di masing-masing audio, pengguna akan melihat tombol titik tiga vertikal. 

Saat diketuk, pengguna akan melihat kartu kecil yang menampilkan tiga menu, yaitu Detail Selengkapnya, Ekspor, dan Hapus. Di menu pertama, pengguna akan melihat informasi yang lebih detail tentang audionya dan ekspor akan memudahkan pengguna dalam membagikan audio. 

Sementara itu, di bagian bawah halaman Rekaman Saya ada tombol untuk memulai rekaman di bagian tengah dan ada tombol untuk memilih mikrofon di bagian kiri. Pengguna bisa mengaktfikan dan menonaktifkan Chromebook Audio dengan mudah. 

Berikutnya, di sebelah kanan, ada tombol Pengaturan yang akan muncul dalam bentuk jendela mengambang. Di bagian Umum ada pilihan untuk mengaktifkan mode Jangan Ganggu (DND) dan layar tetap aktif, sedangkan di Transkripsi dan Ringkasan ada menu untuk mengaktifkan identifikasi pembicara dan pembuatan ringkasan.