Jokowi Apresiasi Penilaian Masyarakat Puas atas 10 Tahun Pemerintahannya

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghormatan dan apresiasi atas penilaian masyarakat terkait kinerjanya selama 10 tahun memimpin. Hal itu disampaikan merespons hasil survei Indikator Politik yang memperlihatkan 75% masyarakat Indonesia puas dengan kinerja Jokowi menjelang masa jabatannya berakhir.

"Presiden sangat menghormati dan mengapresiasi berbagai catatan, penilaian, dan evaluasi masyarakat atas 10 tahun pemerintahannya, termasuk yang dirilis lembaga-lembaga survei akhir-akhir ini," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana Ari dalam keteranganya, Minggu 6 Oktober.

Dia mengatakan, Jokowi mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat selama 10 tahun pemerintahannya. Jokowi juga meminta maaf jika masih ada kekurangan dan keterbatasan dalam pelayanan pada masyarakat.

Ari menjelaskan, Jokowi tetap bekerja dengan mengunjungi masyarakat di berbagai pelosok Tanah Air, kawasan perbatasan, dan juga daerah-daerah yang belum pernah dikunjungi presiden pascakemerdekaan menjelang masa akhir pemerintahannya.

Dia menambahkan, Jokowi juga terus melakukan kunjungan kerja untuk memastikan program prioritas nasional berjalan dengan baik dan tuntas sehingga bisa memberikan dampak signifikan pada masyarakat di seluruh Indonesia.

"Saat bertemu langsung dengan masyarakat, presiden selalu menyampaikan terima kasih dan juga permohonan maaf. Mengapa langsung pada masyarakat di akar rumput? Karena hanya dengan dukungan seluruh elemen masyarakat terutama yang berada di akar rumput, presiden dan pemerintah mampu menghadapi berbagai tantangan yang berat selama 10 tahun pemerintahannya," jelasnya.

Ari menambahkan, kepuasan masyarakat yang tergambar dalam hasil lembaga survei menjadi energi bagi Jokowi untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan baik dan lancar. Selain itu, kekurangan dalam kinerja beberapa bidang pemerintahan akan menjadi catatan evaluasi untuk bisa diperbaiki pada pemerintahan berikutnya.

"Semangat dari pemerintahan berikutnya yang dipimpin presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto adalah keberlanjutan. Dengan demikian, presiden yakin kekurangan dan keterbatasan akan menjadi perhatian dan prioritas pemerintahan yang akan datang," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dalam survei itu para responden ditanya, "Apakah sejauh ini Ibu/Bapak sangat puas, cukup puas, kurang puas atau tidak puas sama sekali dengan kinerja Presiden Jokowi?"

Menurut Burhanuddin, sebanyak 75% masyarakat Indonesia merasa puas dengan kinerja Jokowi. “Mayoritas merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi 75%," kata Burhanuddin dalam rilis temuan “Survei Nasional: Evaluasi Publik Terhadap 10 Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo” yang dipantau secara daring dari Jakarta, Jumat.

Apabila diperinci, sebanyak 15,04% masyarakat merasa sangat puas dan 59,92% masyarakat cukup puas terhadap kinerja Jokowi.