Indahnya Lagu Koes Plus Saat Dinyanyikan dalam Dua Bahasa

JAKARTA - Koes Barat jadi salah satu line up menarik yang hadir di Synchronize Fest 2024 hari ketiga yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Oktober.

Grup yang beranggotakan Alan Bishop (vokal), Milky Burgess (gitar), Jim Davis (bass), Randall Dunn (kibor), dan Don McGreevy (drum) itu membawakan lagu-lagu Koes Plus, yang hampir seluruh liriknya sudah diubah ke dalam bahasa Inggris.

Lagu-lagu yang dimainkan, antara lain “Laguku Sendiri”, “Cintamu Telah Berlalu”, “Poor Clown”, “Kisah Sedih di Hari Minggu”, “Hidup Yang Sepi”, hingga “Kelelawar”.

Saat Koes Barat memainkan “Kisah Sedih di Hari Minggu”, seluruh penonton yang memenuhi are Panggung Forest ikut bernyanyi.

Uniknya, di bagian chorus lagu, Alan Bishop melantunkannya lirik berbahasa Inggris, sementara seluruh penonton menyanyikannya dengan bahasa Indonesia.

“Chorus yang benar-benar indah,” kata Alan.

Di sela penampilannya, Alan menyampaikan rasa hormatnya untuk para personel Koes Plus yang telah menginspirasinya membentuk Koes Barat.

“Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Murry, Yok Koeswoyo, mereka semua masih hidup,” kata Alan.

“Jangan lupa juga dengan Nomo dan John,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Koes Barat merupakan grup musik asal Amerika Serikat. Mereka mendedikasikan diri sebagai band tribute untuk Koes Plus.

Setidaknya, empat album sudah rilis ulang oleh Koes Barat, yaitu To the so-called “The Guilties”, Djadikan Aku Domba Mu ("1967"), "Dheg Dheg Plas", dan "Volume Two".

Adapun Synchronize Fest 2024 hari ketiga menghadirkan beberapa pertunjukan spesial, yaitu Sore dan Kawan-kawan; Sricandy: Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, Mahalini, Keisya Levronka; Potlot Jam; Inbox SCTV Live at Synchronize Fest; Island Vibes Reggae Party; Barry Likumahuwa: Synchronize Sunday Service.

Grup dan musisi kenamaan lain juga hadir, seperti Cokelat, Tohpati & Sheila Majid, Gigi, Ali, Oslo Ibrahim, Armada, Kotak, Jamrud, RAN, Burgerkill, Killing Me Inside Reunion x Pee Wee Gaskins, Haddad Alwi ft. Sulis Cinta Rasul, Jason Ranti, dan masih banyak lainnya.