Cara Mencuci Batik Tulis untuk Pertama Kali Agar tidak Luntur dan Pudar

YOGYAKARTA – Cara mencuci batik tulis untuk pertama kali perlu diperhatikan agar tetap awet dan warnanya tidak memudar.

Seperti yang kita tahu, batik tulis merupakan jenis batik yang dibuat secara manual menggunakan tangan dengan bantuan alat cantik untuk menerakan malam ke corak batik.

Karena dibuat secara manual, warna, corak, dan motif batik tulis terlihat lebih jelas. Hanya saja, motifnya terkadang tidak presisi dan simetris. Namun, hal inilah yang menjadi keunikan dari batik tulis.

Nah, untuk menjaga warna, corak, dan motifnya, batik tulis tidak boleh dicuci sembarangan, terlebih jika baru pertama kali dibersihkan.  Jika terjadi kesalahan saat mencuci, maka hal itu bisa membuat baju batik cepat rusak.

Lantas, bagaimana cara mencuci batik tulis untuk pertama kali? Simak rangkuman informasinya dalam ulasan berikut ini.

Cara Mencuci Batik Tulis untuk Pertama Kali

  1. Rendam dengan air hangat sebelum dicuci

Untuk menjaga warnanya tetap cerah, usahakan batik tulis direndam menggunakan air hangat sebelum dicuci.

Air hangat bisa membuka pori-pori serat kain, sehingga bisa membantu mengangkat kotoran lebih cepat. Selain itu, penggunaan air hangat juga dapat meminimalisir risiko kain batik menjadi mengerut atau menyusut.

  1. Cuci terpisah

Ketika mencuci batik tulis untuk pertama kali, jangan campur dengan baju-baju jenis lain. Hal ini agar baju-baju, baik yang batik atau bukan, tidak luntur saat dicuci.

  1. Jangan cuci batik dengan mesin cuci

Batik tulis tidak disarankan dicuci menggunakan mesin cuci, karena bisa merusak serat-serat kain.

Selain mesin cuci, batik tulis juga tidak boleh dicuci dengan sikat. Sebagai gantinya, Anda bisa mencuci dengan tangan.

  1. Gunakan detergen khusus

Batik tulis wajib dicuci menggunakan deterjen yang formulasinya khusus untuk batik. Hal ini karena zat kimianya tidak terlalu keras sehingga tetap terjaga dengan baik.

  1. Gosok secara perlahan

Cara mencuci batik tulis untuk pertama kali yang berikutnya adalah menggosoknya secara perlahan.

Terkait hal ini, gosoklah dengan gerakan melingkar hingga noda dan kotorannya hilang. Hindari gerakan memelintir kain batik ketika meemrasnya.

Anda tidak perlu menggunakan tenaga ekstra saat memeras kain batik, cukup dengan tenaga minimal agar serat kain tetap terjaga keawetannya.

  1. Jemur di tempat yang teduh

Pengeringan batik tulis juga membutuhkan perhatian khusus. Hindari menjemur batik di bawah sinar matahari langsung, karena panasnya bisa memudarkan warna.

Sebaiknya, keringkan batik di tempat yang teduh dengan angin yang cukup. Gantung batik menggunakan hanger atau jemur secara horizontal agar bentuk kain tetap terjaga.

Demikian informasi tentang cara mencuci batik tulis untuk pertama kali. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.