Wajib Dijelajahi, 5 Wisata Air Terjun Terkenal dan Terindah di Indonesia

JAKARTA - Indonesia dikaruniai banyak keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu objek wisata alam yang menjadi kecintaan banyak orang adalah wisata air terjun. Mengunjungi beberapa air terjun di Indonesia bisa jadi alternatif mengisi liburan.

Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Jumat, 4 Oktober 2024, berikut 5 wisata air terjun terkenal dan terindah di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

1. Air Terjun Tampak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun Tampak Sewu memiliki daya tarik tersendiri hingga dijuluki Tebing Nirwana.

Suguhan pemandangan berbeda berupa deretan air terjun yang membentuk tirai, tetap menjadi favorit para wisatawan. Walau harus berjalan 10 menit lewat beberapa tangga, Anda langsung dibuat kagum dengan kemegahan air terjun satu ini.

2. Geopark Ciletuh

Wisata air terjun populer yang kedua adalah Geopark Ciletuh. Di kawasan Geopark, Anda bakal menemukan banyak air terjun dengan keindahan yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah Curug Awang yang punya keunikan dengan ukurannya sangat besar dan lebar. Curug Awang juga dikenal dengan sebutan Niagara Sukabumi.

Tak hanya itu, ada pun Curug Puncak Manik yang wajib dikunjungi. Curug Puncak Manik adalah salah satu air terjun terbesar dan tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh. Daya tariknya dalah dua air terjun ini bersebelahan dan memiliki aliran deras.

3. Air Terjun Haratai

Air Terjun Haratai menjadi salah satu air terjun di Kalimantan Selatan yang bentuknya unik. Aliran air terjun di sini memiliki tiga tingkat, berbeda dengan air terjun pada umumnya yang hanya memiliki satu.

Pengunjung bisa merasakan wisata alam di sini dengan tarif yang terjangkau. Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan. Air terjun ini berada di tengah Pegunungan Meratus. Setibanya, rasa lelah itu langsung hilang usai melihat keindahan air terjun setinggi 20 meter ini.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berada di tepi Sungai Oyo, Air Terjun Sri Gethuk mengalir deras dari ketinggian 50 meter.

Aliran airnya berasal dari tiga sumber mata air, yaitu Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Air Terjun Sri Gethuk memiliki keindahan alam yang menghipnotis. Banyak wisatawan yang datang ke lokasi wisata ini terutama pada akhir pekan.

5. Air Terjun Manuaba

Air Terjun Manuaba merupakan air terjun yang indah dan suci karena diyakini terdiri dari tujuh sumber mata air campuran. Air terjun ini memiliki tampilan yang sangat cantik karena mengalir deras di antara bebatuan tebing.

Berlokasi di Tegallalang, Gianyar, Bali, Air Terjun Manuaba layaknya surga tersembunyi yang sangat asri di Bali. Keunika Air Terjun Manuaba adalah di sepanjang perjalanan menuju pintu masuk atau pos dapat melihat pemandangan sawah yang luas membentang.

Terdapat surga tersembunyi Air Terjun Manuaba dengan berlatarkan pemandangan Gunung Agung. Terlebih lagi, Anda dimanjakan dengan aliran air yang keluar dari goa tinggi di tebing bebatuan.